Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blog

Bagaimana Cara Membuat Blog
Foto oleh Ivan Samkov dari Pexels

Warkasa1919.com. Mungkin kamu baru saja mengunjungi dan membaca salah satu artikel di blog yang menurutmu begitu inspiratif sehingga membuatmu terpikir untuk membuat blog sendiri. Tapi, kamu masih bingung darimana harus memulainya.

Tenang, jangan bingung, ada banyak panduan di internet yang bisa kamu jadikan sebagai pedoman untuk membuat blog, salah satunya di sini.

Mungkin kamu masih ragu dan bertanya pada diri sendiri, apa sih tujuannya membuat blog? Dan kamu mungkin akan menjawab begini, setidaknya saya bisa menuangkan apa yang saya pikirkan ke dalam tulisan dan kapanpun saya mau, saya bisa buka dan baca tulisan itu dimana saja, asalkan ada koneksi internet.

Oke, selanjutnya kamu juga mungkin masih bingung, apa bedanya website dengan blog. Begini, saya akan coba jelaskan secara singkat di artikel berikut ini, dan semoga bermanfaat buat kamu yang ingin membuat blog sendiri.

Apa beda Blog dengan Website?

Foto oleh Pixabay dari Pexels


Pertanyaan yang paling mendasar biasanya adalah; apakah blog dan website itu sama? Jawabannya ternyata adalah tidak.

Blog sendiri merupakan salah satu dari jenis website dan website itu biasanya digunakan untuk menyebut sekumpulan halaman dokumen yang bisa diakses secara online. Memiliki ciri khas yang sifatnya cenderung statis. Informasi di dalam sebuah website jarang sekali mengalami perubahan. Contohnya adalah informasi produk dan layanan atau informasi kontak yang tersedia di sana.

Bagaimana dengan ciri khas blog itu sendiri? Ciri khas blog biasanya bisa kita lihat pada konten-kontennya yang selalu terupdate, di mana biasanya konten-konten terbaru selalu akan ditampilkan terlebih dahulu.

Dan ciri khas blog adalah tidak hanya diperuntukkan bagi seseorang atau individu saja. Jika kita malas untuk membuat blog sendiri, kita bisa minta gabung ke blog orang lain, contohnya di sini

Selain bisa di isi dan di kelola oleh orang banyak, ciri lain dari blog adalah tersedianya kolom komentar yang akan membuat komunikasi antara pembaca dan penulisnya bisa berjalan dua arah.

Ada banyak Platform Blog, kamu mau pilih yang mana? Ada banyak sekali platform blog yang bisa kamu pilih sebagai media untuk menyalurkan hobi menulismu. Banyak platform tapi yang paling banyak digunakan saat ini  adalah Blogger dan WordPress dan saran saya untuk yang masih baru belajar, sebaiknya mencoba dari Blogger saja dulu, sebab selain tampilannya rimgan juga mudah digunakan untuk bagi pemula.

 

Lalu, bagaimana cara membuatnya?

Yang pertama kali harus kamu lakukan sebelum membuat blog menggunakan Blogger, yang pertama kali harus kamu pastikan adalah kamu telah memiliki akun Google. Dan jika kamu  belum memilikinya, silakan mendaftar terlebih dahulu untuk membuat akun Google.

Setelah kamu memiliki akun Google, silahkan ikuti panduan berikut ini:
  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah  masuk ke halaman utama Blogger, dan klik masuk.
  • Selanjutnya kamu login dengan akun Google yang kamu miliki
  • Silahkan melakukan membuat profil kamu, agar setiap kali ada pengunjung yang datang ke blog kamu bisa mengetahui dari profil yang ada disitu.
  • Langkah selanjutnya adalah dengan cara Klik “Lanjutkan ke Blogger”.
  • Setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman Selamat Datang Blogger.  Silahkan pilih “Buat Blog Baru”.
  • Pada halaman Daftar Blog,  silahkan isikan Judul blog yang ingin kamu buat sesuai dengan tujuan kamu membuat blog ini
  • Selanjutnya, silahkan isi Alamat blog yang ini kamu buat dan diakhiri dengan subdomain: blogspot.com.
  • Dan yang paling penting adalah, pastikan bahwa alamat blog yang kamu akan buat itu belum pernah digunakan oleh orang lain.
  • Langkah yang terakhir, silahkan pilih Tema yang kamu iningin untuk blog kamu dan terakhir, silahkan pilih Buat Blog.

Dan selamat, kamu baru saja berhasil membuat blog dengan Blogger.

 

5 komentar untuk "Cara Membuat Blog"

 Banner ukuran 800 x 100