Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Grup WhatsApp

 

Cara Membuat Grup WhatsApp
Foto oleh Anton dari Pexels

Siapa yang belum mengenal aplikasi pesan instan bernama WhatsApp ini?  Aplikasi pesan instan ini begitu populer di dunia. Beberapa sumber bahkan mengatakan bahwa jumlah pengguna aplikasi pesan instan ini telah mencapai 2 miliar di seluruh dunia pada tahun 2020 ini

WhatsApp sendiri didirikan oleh Jan Koum bersama Brian Acton. Lalu aplikasi pesan bergerak ini diakuisisi oleh Facebook Inc pada Februari 2014 lalu dengan nilai sekitar $19 miliar. Dikutip dari Wikipedia.org, pendiri aplikasi ini, yaitu Jan Koum dibesarkan di sebuah desa di luar Kiev, Ukraina lalu Ia bersama ibu dan neneknya pindah ke California pada tahun 1992. 

Dan saat ini Koum sendiri memegang sekitar 45% saham WhatsApp yang memiliki nilai mendekati US$7 miliar. Nilai yang sangat fantantis bukan?

Apa yang membuat aplikasi pesan instan ini begitu popular di dunia? Ternyata salah satu fitur yang ada di pesan instan ini dianggap cukup bermanfaat oleh para penggunanya, yaitu fitur grup. 

Salah satu fungsi dari grup WA ini adalah bisa membuat para penggunanya mengirimkan pesan ke beberapa kontak yang ada di dalam grup secara langsung tanpa perlu bersusah payah menambahkannya ke daftar kontak terlebih dahulu.

Di musim pandemi seperti saat ini Grup WhatsApp ini sangat bermanfaat sekali jika kita ingin memberikan informasi ke banyak orang sekaligus tanpa perlu bertatap muka. Suatu kelompok masyarakat, kelompok mahasiswa dan kelompok pelajar dan lainnya mungkin akan sangat terbantu dengan fungsi yang ada di aplikasi ini. Sebagai contoh, Grup WhatsApp ini bisa membuat prosese belajar mengajar jarak jauh terasa lebih mudah.

Memang ada banyak fitur-fitur menarik yang telah dibenamkan oleh penciptanya di dalam aplikasi ini, seperti mengirim gambar, video, file hingga ke share lokasi whatsapp. 

Di Grup WhatsApp biasanya ada seorang admin yang bertugas untuk mengatur grup dan seorang admin Grup WhatsApp bisa menambahkan anggota, menghapus anggota, dan mengelola informasi yang ada di Grup WhatsApp miliknya.

Lalu bagaimana cara membuat grup WhatsApp? Apakah susah? Tidak juga sih, silahkan simak artikel berikut ini.

 

Bagaimana Cara Membuat Grup WhatsApp

Pertama silahkan buka aplikasi Whatsapp di perangkat, selanjutnya silahkan klik ikon tiga titik yang ada di pojok atas dan pilih opsi Grup baru, lalu tambahkan minimal satu nomor kotak kita sebagai anggota agar kita bisa membuat Grup WhatsApp

Selanjutnya berikan nama grup dan gambar Grup WhatsApp yang akan kita buat dan terakhir klik ikon centang berwarna hijau dan selesailah kita membuat Grup WhatsApp baru kita.

Dan Grup WhatsApp sudah berhasil kita buat. Maka kita sudah bisa langsung menggunakannya dengan menambahkan beberapa nomor yang sudah ada di kontak kita sebagai bagian dari Grup WhatsApp kita.

 

Bagaimana Cara mengganti Nama dan Foto Grup Whatsapp?

Setelah sudah mengetahui cara membuat grup WA sekarang kita belajar mengubah informasi (nama dan foto) Grup WhatsApp kita.

Silahkan buka aplikasi Whatsapp selanjutnya pilih chat grup dan klik ikon tiga titik yang berada di atas lalu silahkan pilih opsi Info Grup dan klik ikon logo yang bergambar pensil untuk mengganti nama Grup WhatsApp. Dan klik gambar grup jika ingin mengganti foto dari Grup WhatsApp dan selesai.

 

Bagaimanacara mengundang orang lain masuk ke Grup WhatsApp kita?

Nah! Menariknya disini, sebab ternyata pesan bergerak yang telah diakuisisi oleh Facebook Inc ini memiliki 2 cara yang berbeda yang bisa kita pergunakan untuk mengundang orang lain masuk ke dalam Grup WhatsApp kita. 

Cara yang pertama bisa dilakukan dengan mengundang anggota ke Grup WhatsApp kita secara manual atau langsung dan cara yang kedua adalah dengan mengundang melalui undangan link yang artinya calon anggota Grup WhatsApp kita bisa secara otomatis masuk ke dalam grup sesuai kemauan mereka sendiri.

 

Bagaimana Cara Invite Grup WhatsApp Secara Langsung?

Silahkan buka aplikasi WhatsApp kita lalu buka grup dan selanjutnya silahkan klik ikon tiga titik di bagian atas dan pilih opsi Info grup lalu pilih tambahkan peserta (silahkan pilih kontak dari orang yang ingin kita masukan menjadi bagian dari Grup WhatsApp kita) setelah selesai silahkan klik tombol centang yang berada di bawah dan selesai!

 

Bagimana Cara Invite Grup WhatsApp Melalui Link?

Tahap pertama, silahkan buka chat dari Grup WhatsApp kita lalu masuk ke Info grup.

Tahap kedua silahkan klik opsi Undang via tautan dan silahkan copy link tautan grup lalu kirim link tersebut ke orang yang ingin kita undang masuk ke dalam Grup WhatsApp kita. Atau bisa juga kita pasang di blog kita seperti ini. 

Cara Membuat Grup WhatsApp
Cara Membuat WhatsApp Grup

 

 

Berminat untuk menjadi bagian dari Grup WhatsApp para blogger ini? Silahkan  Join di sini.


Tanpa terasa kita sudah di ujung artikel, nah! Itu adalah cara membuat Grup WhatsApp dan cara mengelola Grup WhatsApp agar tetap terkontrol. Selamat mencoba!

 

Salam.

Warkasa1919
Warkasa1919 Setiap cerita pasti ada akhirnya. Namun di dalam cerita hidupku, akhir cerita adalah awal mula kehidupanku yang baru.

6 komentar untuk "Cara Membuat Grup WhatsApp "

Berlangganan via Email