Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyeduh Kopi

Cara Menyeduh Kopi
Foto oleh Daniela Constantini dari Pexels 

Warkasa1919.com. Hari Kopi Sedunia telah diperingati pada tanggal 1 Oktober 2020 yang lalu, Hari Kopi Sedunia ini pertama kali diperingati oleh Organisasi Kopi Internasional di Milan, Italia pada 1 Oktober 2015.

Minuman yang terbuat dari bahan kopi ini memang telah menjadi salah satu minuman favorit bagi kalangan tertentu, tentu saja karena aroma dan rasanya yang nikmat.

Namun untuk mendapatkan sajian kopi yang terasa pas di lidah, ternyata ada beberapa cara untuk menyeduh dan meracik kopi agar mendapatkan rasa yang pas. Dan berikut ini adalah beberapa tips untuk menyeduhkopi agar terasa lebih nikmat saat dinikmati.

Tips yang pertama adalah pemilihan jenis kopi. Jangan lupa bahwa secangkir kopi yang terasa begitu nikmat saat dinikmati itu berawal dari kopi yang berkualitas baik. Untuk itu agar kita mampu meracik minuman yang terbuat dari biji kopi ini, maka untuk mendapatkan kopi yang segar, sebaiknya kita memilih untuk membeli biji kopi yang langsung di panggang di tempatnya. Jangan memilih biji-biji kopi yang sudah dipanggang sekian lama, sebab hal itu akan membuat aroma kopinya akan menghilang.

Dan jika kita sudah menjatuhkan pilihan untuk membeli dalam bentuk biji, maka yang harus kita pastikan adalah dengan menyimpan biji-biji kopi itu dengan benar. Simpanlah di wadah yang tertutup rapat dengan ukuran yang tidak terlalu banyak.

 

Baca Juga : 

Bagaimana Cara Membuat Blog

Manfaat Kopi

 

Tips yang kedua. Para ahli kopi mengatakan bahwa 30 menit setelah di tumbuk kopi akan kehilangan rasanya, jadi sebaiknya untuk mendapatkan rasa dari kemurnian kopi hitam ini tak lama setelah digiling, sebaiknya kopi segera di seduh dan jangan menggilingnya terlalu halus, sebab jika menggilingnya terlalu halus maka akan mengekstrak kopi secara berlebihan dan akan membuat rasanya lebih pahit.

Tips yang ketiga. Sama halnya dengan membuat kue, begitu juga dalam hal menyeduh kopi agar terasa lebih nikmat di lidah. Pastikan kita mengukurnya terlebih dahulu dan takaran yang ideal di dalam menyeduh kopi adalah dengan perbandingan 1:20 (1 bagian kopi dengan 20 bagian air atau 7,5 gr kopi hingga 150 ml air)  hal ini akan menghasilkan secangkir kopi yang kuat.

Tapi memang ada juga beberapa orang yang menyeduh kopi ini dengan takaran 1:14 atau 1:30. Tergantung dengan selera sih sebenarnya.

 

 

 

Cara Menyeduh Kopi
Foto oleh Sam Lion dari Pexels

Tips yang keempat. Jangan lupa, untuk menghasilkan rasa kopi yang berkualitas maka penggunaan air juga perlu kita perhatikan. Biasanya pasa barista handal selalu menggunakan air yang telah disaring atau biar lebih prkatis bisa menggunakan air minum kemasan.

Untuk meracik kopi yang enak ala barista yang kita butuhkan hanyalah kertas filter untuk memisahkan ampas kopi. Selanjutnya pergunakan ketel untuk memanaskan 50 ml atau seperempat air hingga mencapai suhu 93 derajat celcius. Setelah itu tuangkan air secara perlahan  ke bubuk kopi dan pastikan semua air membasahi permukaannya.  Dan biarkan selama 45 detik sebelum kita nikmati.

 

 

Cara Menyeduh Kopi
Foto oleh Ketut Subiyanto dari Pexels

Ngomong-ngomong berapa Suhu paling ideal untuk menyeduh kopi? Menurut pakar minuman yang satu ini, suhu yang paling ideal untuk membuat kopi adalah 90 hingga 96 derajat celcius. Dan suhu yang lebih dingin dari itu bisa menyebabkan rasa kopi cenderung datar sedangkan kopi yang dimasak dalam suhu terlalu panas juga akan menghilangkan cita rasa dari kopi tersebut. Nah setelah membaca artikel ini, masih ingin meracik kopi seperti biasa?

 

 Bahan bacaan : 1, 2





8 komentar untuk "Cara Menyeduh Kopi"

 Banner ukuran 800 x 100