Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Benarkah Tersenyum Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh?



Benarkah Tersenyum Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh?
Sumber gambar pixabay

Satu tahun lebih kita dalam kondisi yang teromang-ambing untuk berinteraksi dengan dunia luar.  Yang paling merasa hidup  terasa aneh adalah anak-anak. Mereka diajarkan untuk hormat, patuh dan tabik pada orang tua maupun guru dengan cara bersalaman atau berjabat tangan,  toba-tiba ada larangan.

Ini terbukti beberapa hari percobaan pembelajaran dengan tatap muka,  hanya beberapa anak saja yang mengerti bagaimana cara memberi salam saat pandemi, wajah para balita yang polos itu memviat saya makin gemas sekaligus prihatin dengan keadaan,  semoga pandemi segera berlalu.

Lantas bagaimana salam atauberi hormat saat pandemi? 
Mereka cukup menangkupkan tangan di depan dada dan menganggukkan kepala. Awalnya lasti akan merasa canggung, mungkin lama-lama akan terbiasa.

Selain itu kewajiban yang harus dilakukan semua masyarakat adalah menjaga kebersihan lingkungan agar semua menjadi sehat. Protokol kesehatan harus dipatuhi demi menekan angka kematian akibat virus C-19 ini.

Tidak hanya mencuci tangan,  menjaga jarak dan memakai masker saja,  pemberian vaksin pun segera dilaksanakan. Namun kita harus tetap tenang menghadapi kondisi sekarang ini. Meningkatkan daya tahan tubuh adalah yang utama. Bagaimana cara sederhana meningkatkan imunitas tubuh?  Tersenyum jawabannya.

Kok,  cuma tersenyum?  Bagaimana bisa?
Coba saja Anda tersenyum wajah akan tampak berseri-seri kan?  Walau marah atau kecewa pun usahakan tersenyum,  karena mimik wajah bisa mempengaruhi suasana hati,  demikian sebaliknya,  dan akan membawa dampak pada seluruh tubuh.

Mengapa tersenyum itu baik?  Dengan tersenyum akan meningkatkan imunitas tubuh sehingga menjadi sehat. Kita lihat orang yang wajahnya cemberut,  dampaknya juga akan membawa ketidaknyamanan di sekitarnya, dengan cemberut maka akan timbul pertanyaan dan dugaan yang kurang baik bukan? membuat orang lain takut dan salah tingkah. Bandingkan dengan tersenyum, maka di sekitarnya juga akan terlihat cerah tidak mendung.

Dilansir dari  klik.dokter, dengan tersenyum perasaan dan tubuh akan terasa releks dan hormon endofrin akan meningkat. Hanya dengan tersenyum. Cobalah dari sekarang untuk tersenyum dari bangun tidur sampai menjelang akan tidur kembali, meluangkan waktu untuk tersenyum itu wajib.

Setiap manusia pasti pernah mengalami marah,  kecewa, dan bersedih yang bisa menghambat bibir untuk tersenyum,  bisa berhari-hari,  berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Setidaknya dalam kondisi yang tidak baik-baik saja tetap berusaha tersenyum untuk menghibur hati dan melapangkan dada,  walau tersenyum itu sebagai rasa tidak terima pada keadaan.

Tersenyum yang tulus atau berusaha tersenyum pasti akan membawa manfaat  baik.
Apa saja manfaat yang bisa dirasakan. Dengan tersenyum aliram darah akan terasa ringan ini bisa menurunkan tekanan darah,  sehingga kerja paru-paru menjadi baik,  dengan tersenyum nafas menjadi lebih teratur, meningkatnya hormon endofrin akan meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan tersenyum mental menjadi terjaga dan kuat karena mengurangi stres, dan wajah yang selalu tersenyum akan terlihat segar serta menyenangkan.

Kawan,  mari selalu tersenyum mulai hari ini, bukan hanya di bingkai fito saja tapi juga di sepanjang hari.


Larik, 01 Juli 2021



 Kontibutor

© Warkasa1919.com, All rights reserved.

10 komentar untuk "Benarkah Tersenyum Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh? "

  1. Bermanfaat. Terimakasih untuk artikelnya mbak😊👍

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Very useful and great post Dear friend! Thanks for sharing. Smile always matches humanbeing's face .

    BalasHapus
  4. Selain senyum itu ibadah ternyata masih banyak memiliki manfaat lain terutama bagi kesehatan tubuh kita.

    BalasHapus
  5. Setuju, ananda Swarna. Fakta membuktikan orang yang kurang tersenyum wajahnya kusam dan terlihat lebih tua dari usianya. Yang suka marah, sering sakit2an. Selamat sore.

    BalasHapus
  6. Asyiiik terbt tersenyum menambah imun

    BalasHapus