Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dear, Pernahkah Merasa Ada yang Tidak Menyukai?

 

Pixabay

Hidup dikelilingi orang-orang yang menyenangkan dan baik hati adalah suatu keberuntungan.  Setiap manusia pasti punya keinginan demikian. Ketentraman hati dan kenyamanan dalam menjalani hidup bukan hanya sebuah cita-citak sebagian manusia,  tetapi semua manusia yang ada di muka bumi.

Lantas bagaiaman mengetahui bila ada yang tidak menyukai?
Mudah,  ini bukan tentang buruk sangka kepada orang lain,  tetapi sebuah prediksi bahwa seseorang memberikan sinyal tidak suka, dengan berkedok ramah atau terang-terangan. Tulisan ini tidak mengajak seseorang untuk berkecil hati,  tetapi sebaliknya,  rasa percaya diri dan tahu diri harus ditanam dalam jiwa.

Manusia diciptakan mempunyai akal pikiran juga perasaan.
Akal adalah sebuah perangkat yang ada pada diri manusia yang berhubungan dengan otak yang digunakan untuk membedakan mana baik dan mana buruk, berfungsi menyerap ilmu,  memahami dan mencari yang terbaik.

Perasaan dalam ilmu psikologi disebut feelin meaning adalah suatu keadaa dalam diri manusia yang memberikan nilai positif atau negatif.
Menurut Chaplin 1972, perasaan adalah keadaan yang dialami oleh  setiap individu sebagai bentuk proses akibat dari  persepsi tindakan yang mempengaruhinya.

Menurut saya pribadi, perasaan itu sebuah sinyal baik positif maupun negatif yang dirasakan dari luar dirinya.

Yang tercakup dalam perasaan antara lain cinta, gembira,  sedih,  marah,  kecewa,  takut, malu,  cemburu benci.

Kembali pada judul di atas,  bagaimana seseorang mengetahui ada yang tidak menyukainya? Mudah sekali,  bahkan kenyataan ini sering ditampik dengan mencari-cari alasan untuk menampik bahwa dugaan itu salah karena terbaca oleh orang yang dimaksud,  inilah lucunya kehidupan.

Sudah bukan rahasia bahwa setiap manusia mempunyai aliran listrik, juga mempunyai sinyal, ada yang kuat,  biasa saja,  dan ada yang lemah. Jadi walau sedikit rasa tidak suka dalam lipatan hati pada orang lain, pasti akan sampai bila seseorang mempunyai sinyal yang kuat.

Macam-macam hal yang tidak disukai seseorang terhadap orang lain, versi saya
1. Tingkah laku
2. Berbicara atau ucapan
3. Garing
4. Merusuh, merundung takkentara
5. Merasa paling 

Sebenarnya dengan jalan memaklumi itu sudah cukup,  tapi kadang Manusi memang suka yang berlebihan. 

Ada yang lain?  Silahkan ditambahkan di kolom komentar.  Tapi ada yang tidak suka tanpa diketahui alasannya, bisa jadi kadang ke ge er-an,  disangka menyukai yang berlebihan akhirnya timbul tidak suka dan menjauh.

Walau dugaan ketidaksukaan seseorang itu benar, sebaiknya diabaikan saja,  akal harus diikutkan dalam memilih dan memilah mana yang harus dilakukan mana yang tidak perlu dikerjakan. Maka percaya diri harus ditambah. Bukan untuk berkata, "Tidak mungkin ada yang tidak suka pada saya."  Namun untuk berkata, "Ada yang taksuka,  biar saja itu bukan masalah saya."  Bukan berarti harus berlebihan lalu congkak dan sombong, tapi untuk menjadi sederhana hati dan apa adanya saja.

Demikian ya,  mental memang harus diperkuat menghadapi sesuatu yang tidak diharapkan.

Swarna,  30 Juli 2021

3 komentar untuk "Dear, Pernahkah Merasa Ada yang Tidak Menyukai? "

  1. Inspiratif, terimakasih untuk artikelnya, Mbak..

    BalasHapus
  2. Satu individu yang tidak suka, ada ratusan ribu lainnya di sana sangat nyaman denganmu. selamat malam, ananda Swarna.

    BalasHapus
  3. Pasti ada yang suka dan tidak suka, ada yang pro dan kontra itulah warna warni kehidupan

    BalasHapus
 Banner ukuran 800 x 100