Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Idul Adha, Penyembelihan Qurban, dan Olahan Dagingnya

 

Idul Adha,  Penyembelihan Qurban,  dan Olahan Dagingnya
Idul Adha,  Penyembelihan Qurban,  dan Olahan Dagingnya

Selamat merayakan Idul Adha, semoga keberkahan selalu menaungi kita semua.

Warkasa1919.com - Meski dilakukan penutupan pada sejumlah masjid besar tetapi masyarakat tetap melaksanakan dengan tertib prokes.
Suara takbir sengaja tidak diperdengarkan meluas, hanya terdengar di masjid saja. 

 Idul Adha,  Penyembelihan Qurban,  dan Olahan Dagingnya

Saya mengira tidak akan ada salat Id berjamaah,  alhamdulillah ternyata tetap dilaksanakan. Sunggih disayangkan bila momen yang sangat penting di hadapan Allah sampai terkendala.

Memang jumlah jamaah yang mengikuti solat Id tidak seperti tahun lalu, banyak berkurang tapi tidak membuat semangat untuk mendapatkan berkah dari Allah SWT ikut surut. Bagi yang merasa kurang sehat sebaiknya melakukan solat di saja.

Penyembelihan kurban juga dilaksanakan dengan lancar,  saya cukup mendengar cerita dari anak bungsu yang ikut membantu Bapak-bapak di masjid. Saya biarkan dia belajar bersosialisasi dengan warga sekitar. Dia bercerita bahwa di lokasi penyembelihan didatangi SatPol PP, kata anak saya ada yamg bikin geli ketika petugas satpol mengingatkan warga agar selalu menjaga jarak, ada seorang Bapak yang menjawab,  kalau jaga jarak bagaimana menyembelih hewan kurbannya.  Semua yang hadir pada menahan tawa. 

Karena Idul Adha tahun ini kami tidak bisa kemana-mana,  jadi tetap anteng di rumah dan sekitarnya, maka daging kurban hasil pemberian pun harus diolah. Biasanya saya bawa ke rumah ibu dan dibagi dengan kakak-kakak.

Ada niat ingin mengolah daging menjadi ini, itu, dam sebagainya seperti yang di tayangkan di kanal youtube atau platform memasak lainnya. Namun Pak Suami berkata,  freezer tidak cukup menampung,  jadi direbus semua dulu biar gampang nyimpannya,  nanti dipikir belakangan mau diolah bagaimana.
Ya sudah akhirnya manut saja. Benar juga andai tidak segera direbus bakal bau tidak karuan. Daging kurban yang dibagi mulai ada peningkatan mutu kebersihannya. Dagingnya juga bagus. Memang selayaknya seperti itu,  apa yang akan diberikan pada orang lain harus yang terbaik.

Inilah Olahan Daging yang Rekomended Bisa Dimasak di Rumah. Jadi jangan bingung bila mendapat banyak daging kurban.

1. Rawon

Rawon

Rawon


Biar rumit di zaman dulu, tapi sekarang sudah banyak dijual bumbu rawon yang sudah jadi, tinggal cemplung tambah daun jeruk purut,  sere, jadi deh.

2. Krengsengan

Krengsengan

Krengsengan


Daging sapi atau daging kambing sama-enaknya dimasak krengsengan.  Dimakan dengan nasi yang masih mengepul asapnya begitu nikmat.

3. Sate

Sate

Sate

Nah yang mau buat sate nih,  sate kambing sudah tidak diragukan lagi,  sate daging sapi juga boleh tambah enak,  namanya sate komo.

4. Dendeng Serundeng


Dendeng serundeng ini bisa awet beberapa hari,  membuat dendeng serundeng tinggal membeli parutan kelapa,  cocok sekali untuk persiapan sarapan pagi yang tidak sempat memasak.

Dendeng Serundeng

Dendeng Serundeng


5. Soto Daging

Soto Daging

Soto Daging


Di daerah saya ada penjual soto daging yang terkenal,  namanya soto sawah (dulu kanan kirinya persawahan). Dagingnya adalah daging kambing,  bukan daging sapi. Bila di rumah mau buat soto, bisa soto kambing bisa soto sapi ya

6. Tongseng


Tongseng

Tongseng



Yang belum pernah, boleh dicoba, banyak resep tongseng yang mudah ditiru,  olahan daging berkuah ini bisa menjadi pilihan sajian untuk keluarga

7. Rendang

Rendang

Rendang


Makanan asli daerah Sumatera ini memang sangat menggiurkan,  bisa kita coba mumpung ada daging. Jadi tidak harus melulu dimasak gulai.

Mana yang paling disukai boleh dicoba ya,  yang penting memasaknya dengan penuh kasih sayang. Setelah makan enak jangan lupa penawarnya. 


Salam



Idul Adha,  21 Juli 2021

Sumber gambar ada pada tiap foto

 Kontibutor

© Warkasa1919.com, All rights reserved.

1 komentar untuk "Idul Adha, Penyembelihan Qurban, dan Olahan Dagingnya"