Widget HTML #1

Macam Kaos Kaki dan Fungsinya dari Dulu hingga Sekarang

Ruang Berbagi dan Informasi

 Macam Kaos Kaki dan Fungsinya dari Dulu hingga Sekarang

Bulan Juli baru masuk dalam musim kemarau di Indonesia. Zaman saya waktu kecil dijelaskan dalam pelajaran IPS, di Indonesia ada dua musim,  yaitu musim penghujan selama 6 bulan dan musim kemarau selama 6 bulan.

Ketika musim kemarau suhu udara akan turun,  dingin dan kering. Di pagi dan siang hari pun terasa dingin. Di dalam rumah saya melindungi kaki dari rasa dingin dengan memakai kaos kaki. Ketika berselonjor dan memandangi kaos kaki maka timbul pertanyaan, apa kaos kaki ini ada sejarahnya?  

Fungsi dari kaos kaki

Sebelum saya menginformasikan tentang sejarah kaos kaki,  pasti semua sudah mengetahui fungsi dari kaos kaki di zaman modern


1. Lapisan pelindung kaki ketika memakai sepatu

2. Menghangatkan kaki


Fungsi kaos kaki di zaman dahulu sama dengan saat ini, sebelum ditemukan sepatu atau sandal, merwka membuat alas kaki dari kulit binatang, kulit kayu, juga kusut bulu binatang, dan kain tenun. Ditemukan pada abad 8 SM dimana orang-orang Yunani dam Roma yang memakainya. 


Memasuki tahun 1589 ditemukannya mesin rajut oleh William Lee,  mulailah kaos kaki modern dibuat hingga saat ini.  Kaos kaki pun fungsinya semakin bertambah,  tidak hanya untuk melindungi kaki tetapi juga untuk bergaya.


Masih ingat saya waktu kecil selalu dibelikan ibu kaos kaki berenda,  berwarna putih,  kuning, ada yang merah muda, cara memakainya ditekuk ke bawah, ternyata kaos kaki ini mempunyai sebutan Bobby Sock (Kaos kaki berenda) 


Beberapa minggu lalu di pasar online saya temukan sebutan untuk kaos kaki se-mata kaki di sebut. Anak muda banyak yang suka model kaos kaki ini.


Pernah ingat zaman dulu juga memakai kaos kaki hingga lutut?  Sering ditertawakan teman-teman pastinya ya,  karena seperti pemain sepak bola.  Kaos kaki ini adalah kaos kaki Atlet,  Atletic Sock


Kalau sering menonton drama Korea pasti sering melihat cewek-cewek SMA yang memakai kaos kaki hingga di bawah lutut saat memakai rok pendek. Ya seperti sailormoon. Namanya Knee Hi Sock. 


Bed Sock, dari namanya sudah bisa kita tebak,  kaos kaki ini dipakai untuk tidur,  berbahan tebal dan halus untuk menghangatkan kaki di malam musim dingin. Ini cocok di pakai ya saat di Indonesia musim kemarau.


Pernah lihat anak muda memakai kaos kaki yang tidak cukup di kakinya? Itu bukan tidak pas,  tapi memang modelnya di bawah mata kaki, bila memakai sepatu tak terlihat kaos kakinya, itu dinamakan Peds Sock


Yang biasa dipakai anak sekolahan yang seperempat kaki,  dinamakan Quorter Sock


Dan yang saat ini sering kita jumpai dipakai para kaum hawa berbahan tipis seperti stocking disebut Socklet Sock


Akhir-akhir ini kaos kaki yang sering dicari para hijaber adalah yang berjompol. Enak dipakai saat bersepatu atau memakai sendal jepit. Apa ya namanya, mungkin Hijaber Sock.


Para pegolf pun ternyata ada kaos kakinya, Argyle Sock.  Saya belum pernah tahu bentuknya. Saya kira sama dengan kaos kaki atlet, ternyata beda. 

Tapi saya jadi ingat lagi ke zaman ketika karet kaos kaki sudah longgar maka karet gelang sebagai pengikatnya. Apa ya namanya? Silakan diberi nama sendiri

Walau kaos kaki sama-sama dipakai di kaki ternyata mempunyai kegunaan yang berbeda. Informasi yang baru saya ketahui tentang kaos kaki ini  saya bagikan kepada Anda, untuk menambah pengetahuan.


Salam



Rabu,  07 Juli 2021

Bacaan dari berbagai sumber

Gambar pixabay

Sumber
1

Ubah Ikuti Blog

Traktir creator minum kopi dengan cara memberi sedikit donasi. Silahkan Pilih Metode Pembayaran

7 komentar untuk "Macam Kaos Kaki dan Fungsinya dari Dulu hingga Sekarang"

Warkasa1919 8 Juli 2021 pukul 01.53 Hapus Komentar
Bermanfaat uasannya👍
Rumah Fiksi 1919 8 Juli 2021 pukul 04.41 Hapus Komentar
Mantap mba
celotehnur54 8 Juli 2021 pukul 11.22 Hapus Komentar
Keren ananda Swarna. Informasi yang menambah wawasan. Terima kasih.
Swarna 9 Juli 2021 pukul 10.50 Hapus Komentar
Terima Kasih 😁😁😁
Meduster 9 Juli 2021 pukul 17.41 Hapus Komentar
Banyak ragamnya juga ya mba Azet, Terima kasih infonya
Swarna 10 Juli 2021 pukul 19.13 Hapus Komentar
Iya haja, kalau di sini semua nama sama ya
Swarna 10 Juli 2021 pukul 19.14 Hapus Komentar
Terimakasih Binda, bagaimama kabarnya?