Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menulis Bergairah Salah Satunya Ada Pembaca



Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada Mas Warkasa dan Mbak Dini telah berkenan mengundang untuk menulis di blog beranda Warkasa.

Menulis dimulai dari awal bulan Juli sampai akhir. Entah kenapa diawal-awal masih lancar menulis. Mengalir dan mengalir ada saja ide di kepala. Yang membuat senang adalah ada komentar dari pembaca. Jika ada yang berkomentar rasanya senang sekali. Sungguh perasaan sempat melambung. Terakhir menulis sepi pengunjung langsung badmood. 

Hilang semua ide, parahnya mau dicoba menulis satu kata pun tidak bisa. Sehingga memutuskan berhari-hari berhenti menulis. Entahlah, perasan tidak enak selalu menghantui. Saya menyanggupi untuk menulis harusnya segeralah menuntaskan bukannya berhenti di tengah jalan.

Setelah direnungkan apa kesalahan-kesalahan kenapa menulis sepi pengunjung.

 1.  Judul kurang menarik
Judul adalah hal yang pertama dibaca. Dan itu menyita perhatian pembaca. Nah bagaimana biar bisa membuat judul penasaran. Ini yang harus saya pelajari lebih dalam lagi. Semakin banyak membaca tata cara penulisan yakin suatu hari nanti bisa menulis dengan baik. Bahkan diincar pembaca.


 2. Isinya tidak menarik hati pembaca.
 
Isinya tidak menarik sama saja seperti daging kurang bumbu. Anyep atau tidak ada rasa. Ini hal yang perlu saya perhatikan kedepannya. Membuat bumbu yang enak untuk bahan tulisan. Meraciknya sedemikian rupa sehingga tercipta tulisan yang menarik hati pembaca.
 
Setelah beberapa hari menulis di blog beranda Mas Warkasa dengan tema bebas saya tidak bisa menulis dengan baik. Yang artinya saya bingung menulis apa. Akhirnya sehari berlalu dan tulisan pun tidak jadi. Bahkan hari berikutnya keenakan. Tidak menulis sama sekali. 

Kekurangan saya di sini. Jika dikasih bebas malah cenderung tidak kreatif. Kebebasan itu malah merenggut ide yang ada di kepala. Pengalaman pernah mengikuti event menulis selama 30 hari di platform lain. Platform itu menentukan tema perhari. Bila ada tema dapat memicu saya untuk menulis sehingga tulisan tercipta setiap hari. Memang karakter penulis itu berbeda-beda. Malah beberapa orang jika tema bebas bisa menciptakan berjibun tulisan. 

Walaupun seperti itu ada rasa senang juga menulis di blog beranda Warkasa. Beberapa tulisan sempat nangkring di populer. Sekarang malah masuk ke artikel pilihan.  

Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada Mas Warkasa dan Mba Dini. Mohon maaf tidak bisa memenuhi syarat event. Tidak bisa mengikuti sampai akhir event. Salam sehat semua salam bahagia.

Erina Purba
Bekasi, 31072021
 

4 komentar untuk "Menulis Bergairah Salah Satunya Ada Pembaca"

  1. Mba Ester tulisannya bagus2 lho mba 👍👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok mba Dini, siap aku semangat lagi, Goo menulis lagi

      Hapus
  2. Betul sekali mbak, salah satu semangat menulis itu adalah pembaca 😊 terapi, walau begitu, tetaplah semangat dan terus berkarya ya😊🤝

    BalasHapus
 Banner ukuran 800 x 100