Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pandemi Jadilan Momen Penting antara Orangtua dan Anak

Pandemi Jadilan Momen Penting antara  Orangtua  dan Anak

Sebentar lagi kita memperingati hari Anak Nasional, apa yang sepantasnya dilakukan para orang tua untuk menghargai dan mensyukuri kehadiran mereka? 


Kalau kita melihat tayangan televisi bagaimana orang kaya memperlakukan anak mereka,  memperhatikan dan memanjakan segala keinginan anaknya,  maka kemungkinan akan ada sebagian orang tua yang merasa bersalah, tidak bisa memenuhi keinginan buah hatinya seperti orang berada. Memikirkan masa depannya saja belum sempat karena merencanakan apa yang akan dimakan esok hari. 


Saat seperti ini sebaiknya orangtua selalu  dekat dan memberi pengarahan pada anak-anak, menjelaskan bahwa semua harus bersahabat dengan keadaan, bukan berarti menyerah. Bukan maksud mengekang kemauan atau keinginan mereka. Keadaan belum pulih seperti dulu.


Memgajak mereka melakukan aktivitas yang positif dan bermanfaat pasti akan lebih menyenangkan dan menghapus rasa bosan. Meningkatkan rasa peduli,  menghargai dan bekerja sama dalam lingkungam rumah.  Lakulan dengan gembira, masa bahagia mereka mungkin telah terenggut oleh pandemi. 


Tidak ada bermain di sekolah,  tidak ada wisata belajar,  tidak ada rekreasi bersama,  terhapusnya kebiasaan makan bersama teman,  mereka tidak mempunyai kenangan pesta kelulusan yang meriah, tidak mengalami masa orientasi yang heboh seperti cerita yang pernah mereka dengar, missing amazing moment. 


Sekiranya orang tua memyadari tentang itu,  maka biarlah anak-anak bahagia dengan cara mereka tapi tetap dalam pengawasan. Lebih baik lagi orang tua mencarikan atau menciptakan kegiatan agar mereka bisa mendapatkan hal yang  luar biasa. Apa saja yang. bisa dilakukan? 


1. Saling membantu menyelesaikan pekerjaan rumah

2. Bermain bersama

3. Belajar bersama

4. Memasak bersama

5. Membagi tugas 

6. Sekali-kali melakukan lomba, misal lomba kerapian dan keberaihan tempat tidur, lomba menggambar atau membuat sebuah karya

7. Dan sebagainya 


Sebenarnya anak-anak juga menyimpan rasa cemas dan takut,  tidak bisa dihindari ketika menyaksikan berita-berita yang menyesakkan dunia, nyali mereka juga akan ciut. Maka saling memotivasi dan menguatkan mental antara orang tua dan anak adalah jalan terbaik. Ajak anak untuk selalu dekat dengan pencipta.



Salam,  selamat hari anak nasional



Kamis,  15 Juli 2021






 Kontibutor

© Warkasa1919.com, All rights reserved.

Mau donasi lewat mana?

Paypal
Bank BNI - An.warkasa / Rek - 0223432494
Traktir creator minum kopi dengan cara memberi sedikit donasi. klik icon panah di atas

2 komentar untuk "Pandemi Jadilan Momen Penting antara Orangtua dan Anak"