Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Prokes Ketat Pemotongan Kurban di Warga OA Harvest City

Ruang Berbagi dan Informasi

Warkasa1919.com - Sejak sore kemarin anak-anak sudah heboh, bolak-balik lihat kambing dan domba yang diikat di taman warga OA Harvest City. Terutama si Kakak dan si Ade. 

"Mak, besok pagi sapinya datang, kata Fika." Datang-datang langsung laporan.

 

Prokes Ketat Pemotongan Kurban di Warga OA Harvest City

Mereka penasaran ingin melihat sapi dari dekat. Tidak hanya itu, si kakak juga heboh buka bersama dengan teman-teman. 


"Mak, Fija, Ani, Hani, Indah, Jeni pada puasa, mereka mengajak aku buka bersama, boleh ya Mak, " si kakak heboh ingin buka bersama juga.


"Ya udah, bawa juga nih makanannya."

Ujar Emak sambil mengaduk mie gomak goreng.

"Ga apa-apa Mak," tanya Kakak lagi.

"Tidak apa-apa daripada kamu bengong di situ tak punya makanan," lanjut Emak sambil menyedok mie gomak goreng ke piring. Tak berapa lama maghrib pun tiba.


Mereka buka bersama di samping rumah kebetulan kosong.

Keesokan harinya begitu Ade bangun belum juga minum air putih sudah minta keluar mau lihat sapi. Sebelum pergi  Emak menyuruh Ade minum air putih dulu. Betapa bahagianya bisa lihat sapi langsung, sayang saat pemotongan tidak lihat, Emak sudah menyuruh pulang. Tidak boleh lama-lama di tempat keramaian. Mereka sudah patuh, wajib memakai masker bahkan sampai dua lapis.


Sebelum pemotongan kurban Idul Adha, di grup RW sudah mengingatkan. Protokol kesehatan sangat ketat. Yang merasa dirinya kurang sehat di mohon solatnya di rumah saja. Diwajibkan membawa mukena masing-masing dari rumah. Jika sudah selesai solat berjamaah langsung pulang tidak boleh berkerumun. Begitu juga dengan pemotongan hewan kurban. Bagi yang telah ditunjuk sebagai panitia saja yang boleh ada di tempat pemotongan. 


Pembagian daging kurban juga tidak pakai kupon. Panitia mendata warga yang tinggal di rumah. Kemudian mereka datangi satu persatu menggunakan mobil pick up. Sungguh baru tahun ini warga OA melakukanya demi keamanan bersama. Kebersamaan, gotong royong warga OA terlihat jelas dengan pembagian kurban, semua anggota warga OA dapat walaupun beda agama.


Semoga mereka yang berkurban mendapatkan rezeki yang berlimpah. Doa dan harapan kita badai ini segera berlalu. Bergandengan tangan dengan arti simbolis bersama pemerintah melakukan PPKM ( Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Semoga kerjasama yang baik membuahkan hasil bagi bangsa Indonesia bisa mengatasi wabah covid 19. Terima kasih kami ucapkan atas perhatian RW dan RT warga OA Harvest City.


Daging kurban kemudian diolah menjadi rendang sapi. Memasak rendang butuh waktu lama. Biar enak dan gurih.


Resep rendang sapi mudah, baca di internet sebentar langsung capcuss berkutat di dapur.


Prokes Ketat Pemotongan Kurban di Warga OA

Dokpri Erina Purba



Bahan-bahan rendang sapi, hanya sederhana sesuai kemampuan super emak.


 1.  Kelapa tua 2 butir, peras menjadi santan

 2.  Daging sapi kurban dapat kira-kira 1 1/2 kilo lumayanlah bila dimasak rendang

 3.  Bawang merah 20  biji

 4.  Bawang putih 10 biji

 5. Ketumbar secukupnya

 6. Lada secukupnya

 7. Garam secukupnya

 8. Lengkuas sepanjang jari telunjuk

 9. Jahe sebesar ibu jari

10. Sereh 3 biji

11. Cabe merah 5 biji dan rawit 5 biji tergantung selera. Berhubung si Ade tidak bisa makan pedas, yah cabe hanya sebagai pewarna saja.

12. Daun jeruk 3 helai

13. Daun salam 3 helai


Setelah semua dihaluskan kecuali serei, lengkuas, daun salam, daun jeruk. Kemudian digongseng sampai wangi. Masukkan daging, aduk rata baru tuang santan. Setelah setengah matang,  kuah santan berkurang separuh matikan kompor tunggu hingga setengah jam. Baru masukkan santan kental lagi, setelah berkurang airnya , api dikecilkan diaduk perlahan-lahan agar tidak gosong sampai agak kering. Proses nya lumayan lama, dari jam 7 sore selesai jam sepuluh. Lumayanlah, rasanya gurih dan manis. Padahal tidak pakai penyedap rasa lho hanya garam.

 


Erina Purba


Bekasi, 20072021

Sumber
1

Ubah Ikuti Blog


Silahkan berlangganan untuk membaca Konten Premium, Kami mengemas berita dengan gaya bercerita

Konten Premium adalah salah satu jenis artikel pilihan yang tersedia di warkasa1919.com. Semua artikel yang dikunci dapat di akses cukup dengan menggunakan nomor ID langganan.

Artikel biasa adalah konten yang bisa diakses oleh semua pengunjung warkasa1919.com. Konten Premium adalah konten yang dapat diakses dengan sistem berlangganan pada situs dalam jaringan (online). Konten Premium disajikan dengan artikel yang lebih mendalam.

Cukup   daftar di sini lalu dapatkan kode unik setelah melakukan pembayaran.

  • Dengan berlangganan Konten Premium, Anda mendapatkan semua berita dan informasi yang tidak disajikan pada konten biasa.
  • Dengan berlangganan Konten Premium, berarti Anda turut membantu keberlangsungan blog ini.  juga mendukung keberlangsungan informasi yang akan menjadi sumber kepercayaan diri ketika membuat keputusan.
  • Untuk benefit-benefit sebesar itu, harga berlangganan Konten Premium tergolong murah dan sangat bermanfaat.

 Untuk transaksi berlangganan Konten Premium dapat memilih Metode Pembayaran

Cukup masukan kode unik, Konten Premium bisa diakses melalui berbagai perangkat digital, seperti telepon pintar (smartphone), komputer genggam tablet, laptop, atau komputer meja (desktop).

Ketentuan Umum

  1. Dengan memakai produk artikel berbayar ini berarti Anda setuju untuk terikat dan patuh pada syarat dan ketentuan yang berlaku.
  2. Syarat dan ketentuan ini dapat berubah sewaktu-waktu dan Kami tidak berkewajiban untuk memberitahukannya kepada Anda.
  3. Syarat dan ketentuan ini dibuat untuk kepentingan bersama, untuk menjaga hak dan kewajiban masing-masing pihak, dan tidak dimaksudkan untuk merugikan salah satu pihak.

Dukungan

  1. Pelayanan support hanya melalui WhatsApp 
  2. Support hanya berlaku dengan syarat dan ketentuan 
  3. Tidak ada jaminan support gratis akan selalui diberikan. Namun begitu, Anda tidak perlu khawatir. Selama Kami masih online, setiap chatt yang masuk akan selalu diusahakan untuk dibalas.

Pemesanan dan Pembatalan

  1. Semua yang sudah dipesan/beli tidak bisa dikembalikan untuk alasan apapun.

Pembayaran

  1. Mata uang yang dipakai untuk pembayaran adalah Rupiah (IDR).
  2. Pembayaran bisa melalui ATM, internet banking, mobile banking, setoran tunai, maupun transfer antarbank ke rekening bank yang telah kami informasikan kepada Anda.
  3. Pembayaran dianggap lunas jika uang telah kami terima sesuai dengan jumlah yang harus dibayarkan. Segera lakukan konfirmasi kepada kami melalui fitur Konfirmasi Pembayaran yang tersedia di Warkasa1919.com atau melalui telepon/WA/email.
  4. Bank : BNI No Rek : 0223432494 A/N : Warkasa. 
  5. Kirim bukti transfer pembayaran  dan informasi pemesanan ke WhatsApp

Artikel Konten Premium dapat di share link-nya, tetapi bagi yang belum berlangganan hanya bisa membaca sebagian kontennya.

    KONTEN PREMIUM
    Anda sedang membaca Konten Premium dengan Metode Pembayaran, silahkan BERLANGGANAN untuk lanjut membaca

    PAYMENT

Pilih Layanan Kami

Nikmati akses tanpa batas dan mari bergabung bersama Warkasa1919.com

  • Artikel Premium

  • Jasa

  • Buku

3 komentar untuk "Prokes Ketat Pemotongan Kurban di Warga OA Harvest City"