Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Merdeka dalam Merdeka

Ruang Berbagi dan Informasi

Merdeka menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah bebas,  berdiri sendiri, tidak terkena tuntutan, leluasa. 

Kalau dalam bahasa Inggris disebut Independent, yang artinya adalah sama dengan merdeka,  berdiri sendiri. 

Merdeka berarti bebas dari ketergantungan, rasa tertekan, atau segala sesuatu yang membuat sakit. Baik itu sakit jasmani atau pun ruhani.

Sampai ada kata merdeka jinjit ketika benar-benar lepas dari masalah, ya istilah hiperpola yang sering disebutkan oleh orang Jawa bila bisa terbebas dari suatu penderitaan.

Merdeka itu harusnya bersifat hakiki, mutlak, tanpa tapi. Kenyataannya merdeka masih remang-remang. Tidak akan bisa disebut merdeka bila masih banyak masalah yang belum bisa diselesaikan.

Mungkin merdeka itu memang masih harus dikejar sampai benar-benar tidak ada bayang-bayang kecemasan, atau di bawah kendali pihak lain. 

Merdeka, tidak hanya untuk sebuah kebebasan sebuah negara dari penjajahan. Kemerdekaan itu terbebas dari cengkraman tirani, kekuasaan yang membawa kesengsaraan.

Seperti contoh sederhana ini, seseorang bisa menikmati usianya dengan kebahagiaan dan bisa mengatasi semua masalahnya, bisa disebut dengan merdeka.

Merdeka bukan berarti lantas berperilaku sekehendak hatinya sendiri tanpa melihat norma dan nilai-nilai. Meskipun merdeka itu bebas bukan berarti harus bablas.

Banyak kata merdeka saat ini yang didengungkan, entah untuk mewakili keadaan suatu individu atau secara umum. Di sana menceritakan suatu kondisi yang nyaman, bahagia.

Sekedar bisa bermain seharian tanpa beban pun juga bisa dikatakan merdeka, merasa menang bisa menikmati waktu tanpa beban. 

Kita semua pasti ingin merdeka di masa merdeka ini. Merdeka dalam kemerdekaan harus selalu diciptakan. 

Kita harus merdeka dalam nuansa positif tanpa rasa sakit. Bisakah?



Agustus 2021



Sumber
1

Ubah Ikuti Blog


Silahkan berlangganan untuk membaca Konten Premium, Kami mengemas berita dengan gaya bercerita

Konten Premium adalah salah satu jenis artikel pilihan yang tersedia di warkasa1919.com. Semua artikel yang dikunci dapat di akses cukup dengan menggunakan nomor ID langganan.

Artikel biasa adalah konten yang bisa diakses oleh semua pengunjung warkasa1919.com. Konten Premium adalah konten yang dapat diakses dengan sistem berlangganan pada situs dalam jaringan (online). Konten Premium disajikan dengan artikel yang lebih mendalam.

Cukup   daftar di sini lalu dapatkan kode unik setelah melakukan pembayaran.

  • Dengan berlangganan Konten Premium, Anda mendapatkan semua berita dan informasi yang tidak disajikan pada konten biasa.
  • Dengan berlangganan Konten Premium, berarti Anda turut membantu keberlangsungan blog ini.  juga mendukung keberlangsungan informasi yang akan menjadi sumber kepercayaan diri ketika membuat keputusan.
  • Untuk benefit-benefit sebesar itu, harga berlangganan Konten Premium tergolong murah dan sangat bermanfaat.

 Untuk transaksi berlangganan Konten Premium dapat memilih Metode Pembayaran

Cukup masukan kode unik, Konten Premium bisa diakses melalui berbagai perangkat digital, seperti telepon pintar (smartphone), komputer genggam tablet, laptop, atau komputer meja (desktop).

Ketentuan Umum

  1. Dengan memakai produk artikel berbayar ini berarti Anda setuju untuk terikat dan patuh pada syarat dan ketentuan yang berlaku.
  2. Syarat dan ketentuan ini dapat berubah sewaktu-waktu dan Kami tidak berkewajiban untuk memberitahukannya kepada Anda.
  3. Syarat dan ketentuan ini dibuat untuk kepentingan bersama, untuk menjaga hak dan kewajiban masing-masing pihak, dan tidak dimaksudkan untuk merugikan salah satu pihak.

Dukungan

  1. Pelayanan support hanya melalui WhatsApp 
  2. Support hanya berlaku dengan syarat dan ketentuan 
  3. Tidak ada jaminan support gratis akan selalui diberikan. Namun begitu, Anda tidak perlu khawatir. Selama Kami masih online, setiap chatt yang masuk akan selalu diusahakan untuk dibalas.

Pemesanan dan Pembatalan

  1. Semua yang sudah dipesan/beli tidak bisa dikembalikan untuk alasan apapun.

Pembayaran

  1. Mata uang yang dipakai untuk pembayaran adalah Rupiah (IDR).
  2. Pembayaran bisa melalui ATM, internet banking, mobile banking, setoran tunai, maupun transfer antarbank ke rekening bank yang telah kami informasikan kepada Anda.
  3. Pembayaran dianggap lunas jika uang telah kami terima sesuai dengan jumlah yang harus dibayarkan. Segera lakukan konfirmasi kepada kami melalui fitur Konfirmasi Pembayaran yang tersedia di Warkasa1919.com atau melalui telepon/WA/email.
  4. Bank : BNI No Rek : 0223432494 A/N : Warkasa. 
  5. Kirim bukti transfer pembayaran  dan informasi pemesanan ke WhatsApp

Artikel Konten Premium dapat di share link-nya, tetapi bagi yang belum berlangganan hanya bisa membaca sebagian kontennya.

    KONTEN PREMIUM
    Anda sedang membaca Konten Premium dengan Metode Pembayaran, silahkan BERLANGGANAN untuk lanjut membaca

    PAYMENT

Pilih Layanan Kami

Nikmati akses tanpa batas dan mari bergabung bersama Warkasa1919.com

  • Artikel Premium

  • Jasa

  • Buku

2 komentar untuk "Merdeka dalam Merdeka "