Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mempersiapkan Kenyamanan Masa Pensiun

Sumber gambar
https://pin.it/2Rirq6g


Mempersiapkan Kenyamanan Masa Pensiun 

Kehidupan manusia terus berlanjut hingga nanti menjadi tua dan menempuh masa pensiun. Masa pensiun sebahagian orang sangat menakutkan. Seolah-olah hidup ini tidak berarti. Tiada gairah. Masa-masa suram di hari tua. Tenaga, pikiran semua menyusut. 

Sebelum memasuki masa pensiun, banyak rencana yang kita canangkan. Rencana A, B, C dan D.
 Biaya hidup meningkat sehingga membuat kita harus memikirkan hari tua nanti. Tenaga berkurang, sehingga melakukan pekerjaan pun tidak mampu apalagi jika itu pekerjaan membutuhkan tenaga yang kuat
Penghasilan berkurang pasti  apabila sudah tua daya tahan tubuh manusia juga semakin menurun

Sebagian orang masih beruntung masa tua masih memiliki uang pensiun teruntuk PNS. Terus bagaimana dengan orang yang bekerja di perusahaan swasta. Hanya dapat gaji beberapa bulan. Selebihnya harus berjuang untuk membiayai kehidupan selalu. Bila semasa muda sudah menyisihkan untuk masa pensiun hal seperti ini tidak perlu dikhawatirkan


Memikirkan masa tua penuh peluh, membuat kita harus berpikir. Apakah yang harus dilakukan jika nanti sudah memasuki pensiun. Atau tiba-tiba saja perusahaan sudah bangkrut. Bagaimana bisa membuat masa tua yang nyaman?

Memasuki umur empat puluhan sudah mulai memikirkan masa tua nanti. Jangan terlalu berharap kepada orang lain. Berusaha sendiri itu lebih baik dan tetap berdoa dan berharap kelak dimudahkan di hari tua.

Beberapa hal yang mungkin bisa kita lakukan :
 1.  Menabung
Menabung merupakan hal yang sangat penting kita lakukan. Menabung itu tidak mesti uang di bank. Kita bisa menabung emas, yang setiap tahun meningkat nilainya. Dan sekarang banyak emas yang bisa dijadikan investasi. Misalnya emas murni, Antam, EOA gold.

 2. Membangun rumah kontrakan.
 Masa pensiun tidak bisa mengerjakan tugas berat paling bisa memantau. Jika punya modal beli tanah yang luas dekat dengan pusat kota. Atau tidak berapa jauh dari tempat orang bekerja. Sebagian dari mereka mencari kontrakan. Ini merupakan cara mengisi hari tua. Penghasilan bulanan ada tanpa memerlukan tenaga banyak. Hanya mengutip, itu juga bisa via online. Jika tidak punya asisten untuk menagih langsung uang kontrakan. Terkadang beberapa orang tanpa ditagih datang sendiri membayar ke bapak atau ibu kontrakan.
 
 3.  Membangun kios untuk berbisnis
Cara ini juga menjanjikan asal saja kiosnya strategis, dan bisa disewakan. Hari tua menjadi nyaman.

 4.  Menabung tulisan
Menulis juga merupakan hal yang menjanjikan, sekarang banyak aplikasi wadah tulisan tinggal pilih. Ada juga aplikasi tulisan yang viewnya hidup. Sehingga tulisan pertama kita buat , tetap saja menghasilkan, apalagi kita bagikan lagi di sosial media.

 5. Membuat konten

Membuat konten, seperti video hasil dari tulisan, atau kegiatan sehari-hari yang menginspirasi banyak orang. Tulisan yang kita bagikan di aplikasi bisa kita bacakan dan buat video klipnya. Hasilnya dikirim ke YouTube. Lumayan beberapa tahun mendatang bila setiap hari membuat konten alhasil akan menjadi lahan uang. Hari tua bisa dinikmati. 

Demikian tips-tips menurut saya menyiapkan pensiun. Pensiun masih berkarya lewat tulisan-tulisan yang setiap hari bisa dibagikan. Pengalaman-pengalaman hidup yang bisa menginspirasi orang lain.

Erina Purba

Bekasi, 02092021

12 komentar untuk "Mempersiapkan Kenyamanan Masa Pensiun "

  1. Saat hari senja semoga sehat

    BalasHapus
  2. Artikel yang bermanfaat, ananda. Nenek tergiur pada poin nomor 2. Sayang tsk punya tanah di kota. Mau beli harganya mahal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cari lagi eyang harga yang terjangkau Eyang

      Hapus
  3. Menabung tulisan dan membuat konten ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ jadi semangat nulis nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Dini, sudah punya nih, tinggal dibuat lagi, biar lebih banyak

      Hapus
  4. Semua kok bingung duit ya ...๐Ÿคญ

    BalasHapus
  5. rencana yang baik.... mantap
    ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘Œ

    BalasHapus
 Banner ukuran 800 x 100