Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi HP Merk Vivo Yang Layarnya Tidak Bisa Disentuh atau Hang

 

Cara Mengatasi HP Merk Vivo Yang Tidak Bisa Disentuh atau Hang


Ruang Berbagi dan Informasi –Bagi yang menggunakan HP merk Vivo, mungkin pernah melakukan pencarian di internet tentang bagaimana cara mengatasi HP Vivo yang tidak bisa disentuh atau hang. Warkasa1919.com merangkumkan dari berbagai sumber tentang cara mengatasi HP merk Vivo yang tidak bisa disentuh atau Hang.

Sama seperti yang Mimin alami pada saat ini, yaitu layar sentuh HP merk Vivo yang mimim pergunakan sehari -hari sama saat ini tidak berfungsi sama sekali. Jika sobat juga pernah mengalami hal-hal seperti layar touchscreen tidak berfungsi sebagian maka sudah tepat sekali rasanya jika membaca tutorial ini.

 

Kenapa Layar HP Tidak Bisa Disentuh?

Siapa yang tidak merasa jengkel? Ketika sedang asyik main HP, tiba-tiba saja HP mati sendiri dan tak lama kemudian HP hdup kembali namun layar terus menyala tapi layar sama sekali tidak bisa disentuh atau hank. Nah sebelum kita lanjut membaca tutorial cara mengatasi HP merk Vivo yang tidak bisa disentuh atau Hang, ada baiknya kita baca-baca dulu apa sih penyebabnya kenapa bisa begini.

Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab yang bisa mengakibatkan masalah seperti yang sedang kita bahas ini.

 

Beberapa Penyebab yang bisa Mengakibatkan layar sentuh HP Rusak.

  • Kemungkinan pertama kenapa respon layar sentuh menjadi macet adalah karena layar HP Android tersebut kotor, karena kotor hal ini bisa membuat respon layar sentuh terhadap jari kita menjadi terhambat.
  • Kemungkinan kedua adalah bisa karena penggunaan RAM di HP Androit tadi terlalu besar, sehingga membuat HP menjadi lemot dan layar terkesan layar hang, lambat merespon sentuhan jari kita di layar HP.
  • Berulang kali dicoba tapi touchscreen tetap tidak bereaksi atau tidak mau bergeser, ini juga bisa terjadi akibat HP pernah ketindihan.
  • HP pernah terjatuh, hal ini bisa mengakibatkan fungsi sentuhnya tidak lagi berfungsi dengan baik akrena socket jalur LCD kendor atau lepas. Apalagi jika LCD HP sampai retak. Layar jenis super amoled ini jika sudah retak maka akan menyebabkan fungsi HP tidak bisa berjalan normal.
  • Selain beberapa hal diatas, HP sobat yang pernah terkena air juga bisa membuat komponen di dalam ponsel mengalami konsleting, hal ini juga memungkinkan kerusakan pada layar sentuh.

 

Bagaimana Cara Mengatasi HP Vivo Yang Tidak Bisa Disentuh?

Tadi kita sudah mengulas beberapa hal yang bisa mmbuat HP Vivo layar HP merk Vivo tidak bisa disentuh atau hang. Berikut ini adalah tutorial cara mengatasinya.

 

Langkah-langkah cara mengatasi HP Vivo yang tidak bisa disentuh:

1. Silahkan Matikan HP

Apabila layar HP sentuhnya sudah sama sekali tidak berfungsi, cara pertama yang harus sobat lakukan adalah mematikan HP nya terlebih dahulu. Kenapa hal ini perlu kita lakukan? Tujuannya adalah biar HP tersebut bisa istirahat, sebab mungkin saka dia sudah Lelah. Matikan HP dan biarkan sampai dingin, setelah itu baru silahkan dicoba untuk dihidupkan kembali.

2. Jangan Lupa untuk Membersihkan Layar HP

Hal berikutnya setelah sobat berhasil mematikan HP adalah membersihkan layarnya. Sebab bisa saja karena layarnya kotor maka fungsi respon sentuhnya menjadi sangat lambat atau terganggu. Beberapa tips yang pada umumnya sudah beredar di internet adalah; silahkan pergunakan kain kering dan minyak kayu putih untuk membersihkan layar HP nya.

3. Tekan Tombol Volume dan Power Bersamaan

Jika HP terus menyala dan tidak mau dimatikan, maka cara terakhir adalah dengan cara menggunakan tombol fisik yang ditekan bersamaan. Dan berikut ini adalah langkah-langkah mengatasi HP Vivo yang tidak bisa disentuh dengan tombol fisik:

·    Biarkan HP menyala.

·   Tekan & tahan tombol volume bawah dan power secara bersamaan hingga restart.

·    Setelah mati, lepas semua tombol.

·    Tunggu hingga menyala kembali.

·     Setelah menyala coba cek respon sentuh layarnya.

 

4. Coba Matikan Fitur TalkBack

Apabila respon sentuh layar HP masih sulit dipergunakan, hal berikut yang bisa sobat lakukan adalah dengan cara mematikan fitur TalkBack-nya. Silahkan sobat pergunakan dua jaru untuk menekan berkali-kali agar bisa membuka program yang ada di HP, biasanya memang jika cuma satu jari, maka respon sentuhnya kurang merespon, dan dengan mempergunakan dua jari  maka akan memberi merespon. Dan berikut ini adalah cara untuk mengatasi HP merk Vivo yang tidak bisa disentuh dengan mematikan fitur TalkBack-nya:

  • Silahkan sobat buka menu di Pengaturan dengan mempergunakan dua jari, caranyanya dengan menekan berkali-kali hingga terbuka.
  •  Selanjutnya silahkan pilih menu Pengaturan lainnya, melakukannya dengan cara menyentuhkan memakai dua jari juga.
  • Setelah itu silahkan memilih Aksesibilitas.
  • Pilih TalkBack.
  • Apabila fitur TalkBack sudah aktif, maka silahkan di nonaktifkan.
  • Hal berikutnya yang perlu sobat lakukan adalah dengan meng-Klik Bar ON OFF TalkBack, itu perlu sobat lakukan untuk menonaktifkannya. 
  •  Dan pilih Oke pada notif yang muncul.
  • HP sekarang sudah bisa disentuh lagi.

5. Melakukan Kalibrasi Layar

Selain beberapa hal diatas, sobat juga bisa melakukan kalibrasi layar sentuh. Pada umumnya HP touchscreen memiliki fitur pengaturan untuk melakukan kalibrasi atau Calibration, jadi silahkan dicoba untuk melakukan kalibrasi di HP merk Vivo yang sobat miliki. Jika diminta untuk mengikuti petunjuk kalibrasi sentuh layar yang ada, sobat ikuti saja. Biasanya layar touchscreen akan kembali normal dan berfungsi.

6. Masukkan HP Ke Dalam Beras

Ini adalah cara lainnya jika HP merk Vivo yang sobat miliki basah atau habis masuk ke dalam air. Terkadang HP yang basah akibat termasuk ke dalam air juga bsa mengakibatkan fungsi layar sentuhnya menjadi tidak berfungsi, jika sudah demikian, maka sebaiknya setelah HP masuk ke dalam air, silahkan masukan ke dalam beras.

Silahkan dibenamkan atau dikubur ke dalam kantong atau ember yang berisi beras. Beras mampu menyerap air yang masuk ke dalam HP maka dengan mempergunakan beras, itu akan mempercepat proses pengeringannya. Setelah HP kering, silahkan di hidupakan lagi dan mudah-mudahan fungsi HP akan kembali normal lagi.

 

7. Melakukan Reset

Aplikasi yang error juga bisa menyebabkan respon layar sentuh menjadi tidak bisa berfungsi dengan baik, maka selain beberapa cara diatas, dengan mereset pada HP merk Vivo yang sobat miliki juga bisa mejadi solusi.  Hal pertama yang harus sobat lakukan adalah dengan cara menekan-nekan terus jari berkali-kali, sobat bisa coba buka menu pengaturan untuk melakukan reset ke pengaturan pabrik. Tetapi jika sobat tidak bisa masuk ke dalam menu dalam HP, maka silahkan melakukan hard reset dengan cara menekan tombol fisik HP.

Berikut ini adalah cara mengatasi HP merk Vivo yang tidak bisa disentuh dengan reset ke pengaturan pabrik:

  • Silahkan buka menu di Pengaturan
  • Lalu p 
  • Pilih Pengaturan lainnyaJangan lupa pilih Buat cadangan & Atur ulang
  • Pilih Hapus semua data
  • Beri centang pada Format penyimpanan telepon
  • Silahkan pilih Bersihkan sekarang
  • Pilih Hapus semua
  • Tunggu proses hingga selesai
  • Setelahnya nanti restartJika sudah nyala, akan muncul tampilan setelan awal HP Vivo
  • Selesai, tinggal dicek layar sentuhnya sudah berfungsi kembali atau belum

 

Untuk melakukan Hard Reset, berikut ini adalah langkah-langkah hard reset di HP merk Vivo:

·       Matikan Handphone

·       Tekan & tahan tombol volume atas dan power secara bersamaan

·       Setelah muncul Fastbook Mode, lepaskan semua tombol

·       Pilih Recovery Mode

·       Tunggu beberapa saat

·       Setelah muncul menu Recovery, pilih Wipe data

·       Pilih Wipe data dan pilih lagi Wipe data

·       Tunggu proses hingga selesai

·       Jika sudah, pilih OK

·       Kemudian pilih Back

·       Pilih Reboot system

·       HP otomatis akan restart

·       Setelah restart nanti akan muncul tampilan pengaturan awal HP Vivo

·       Selesai dan coba cek apakah respon sentuh layar sudah normal kembali

 

Tutorial di atas hampir sama untuk semua jenis tipe merk HP Vivo. Jadi jika cara diatas tidak berhasil maka seilahkan coba cara di bawah ini.

 

8. Silahkan Bawa ke Tukang Servis

Jika semua tutorial di atas sudah di praktekan dan HP merk Vivo sobat masih juga tidak bisa berfungsi baik, maka cara terakhir adalah dengan membawanya ke tukang servis. Tetapi sebaiknya pergilah ke tempat servis center Vivo, jika HP merk Vio yang sobat miliki masih memiliki garansi, tetapi jika tidak silahkan ke tempat servis biasa saja.

Jika semua cara di atas sudah dicoba dan HP masih belum menunjukan tanda-tanda membaik, biasanya oleh tukang servis akan diminta untuk ganti LCD atau layar Touchscreen. Dan setelah layar LCD diganti, biasanya HP merk Vivo milik sobat akan bisa kembali berfungsi normal respon sentuhnya.

 

Penutup

Itulah beberapa cara mengatasi HP Vivo yang tidak bisa disentuh atau hang yang Warkasa1919.com kutip dari berbagai sumber dan link nya mimim cantumkan di bawah artikel ini. Semoga saja artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat sekalian yang membacar artikel ini hingga tuntas sampai ke bawah sini. Terimakasih sudah berkenan membacanya. Salam.

 

Bahan bacaan : 1,

 

 Admin

4 komentar untuk "Cara Mengatasi HP Merk Vivo Yang Layarnya Tidak Bisa Disentuh atau Hang"

  1. Hehehe terimakasih telah berbagi informasi, bermanfaat bagi yang memakai hp Vivo. 😊😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berkenan membacanya, Mbak Din.. 😁

      Hapus
  2. yuppz info yang mantap sekali mass

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berkenan membacanya, Mbak Nita😁

      Hapus