Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Blog Gratis Di Blogspot (Blogger)

Ruang Berbagi dan Informasi

 

Apa Itu Blog

Ruang Berbagi dan Informasi – Jika ditanya apakah masih ada orang yang belum memiliki blog di tahun 2022 ini, aku rasa jawabannya pasti ada. Blog bagi sebagian kalangan pengguna internet, terutama bagi yang aktif berselancar untuk mencari berbagai informasi di dunia maya pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Tapi kan tidak semua orang juga suka berselancar di dunia maya (Internet).

Aku sendiri mempergunakan blog hanya sebagai wadah untuk menyimpan beberapa artikel yang pernah kutulis maupun beberapa tulisan yang aku sukai. Aku berpikirnya begini, “anggap saja sebagai salah satu sarana untuk merubah pola kebiasaan lama yang dulunya selalu mencatat di atas kertas, saat ini berusaha untuk membiasakan diri menyimpan catatan secara digital." Salah satu manfaat langsung yang aku dapatkan dari kebiasan menulis di blog adalah; kapanpun aku butuh dan ingin membacanya kembali, aku tinggal meng-klik tautannya saja.

Apa itu blog? Beberapa orang ada yang mendefinisikannya sebagai wadah untuk menyebarkan berbagai informasi yang mereka ketahui kedalam bentuk postingan, dan postingan itu bisa saja meliputi opini, analisis dan berbagai jenis data digital lainnya ke dunia maya. Cakupan konten yang mereka bagikan di blog juga tidak terbatas, bisa berupa teks, gambar, video maupun format grafis yang rumit, hal itu tergantung dari si blogger-nya sendiri.

 

Blog Gratis Di Blogspot (Blogger)

Pada postingan kali ini aku coba menyelipkan tutorial singkat, yaitu; bagaimana cara membuat blog di blogger atau blogspot bagi Sobat yang mungkin baru berselancar di internet dan kebetulan menemukan artikel ini.

Bagi yang baru dan benar-benar pemula, aku merekomendasikan untuk mempergunakan blogspot. Kenapa mesti blogspot? Beberapa pertimbangannya adalah karena ini mudah digunakan dan juga gratis. Ini berlaku jika Sobat mempergunakan subdomain blogger untuk blogspot.

Selain gratis, blog milik sobat nantinya juga bisa dipasangi iklan. Sejauh yang Aku ketahui, blogspot sendiri memperbolehkan penggunanya untuk memasang script iklan, mulai dari google adsense sampai ke script iklan lokal yang di tahun 2022 ini semakin menjamur.

Bukan hanya gratis, jika Sobat bisa membuatnya sendiri, hal menarik lainnya adalah Sobat bisa  utak-atik template dan layout blog secara lebih leluasa dibanding platform lainnya, karena blogger (juga blogspot) memberikan akses untuk edit kode HTML dan edit CSS.

 

Tutorial Membuat Blog Gratis Di Blogspot (Blogger)

Setelah tadi kita membahas sedikit tentang apa itu blog, sekarang waktunya kita coba cara membuat blog di blogspot. Silahkan baca tutorial singkat ini hingga selesai ya.

  1. Hal pertama yang harus Sobat lakukan adalah “Login” dengan mempergunakan akun email gmail yang Sobat miliki, jika belum punya akun google silahkan membuatnya di sini

  2. Selanjutnya silahkan Sobat Klik tombol BUAT BLOG BARU yang letaknya berada di sisi kiri atas halaman.

  3. Silahkan Sobat isikan JUDUL BLOG. Sedikit catatan : Untuk judul blog, mungkin Sobat sudah memiliki nama dan rencana sendiri, jadi silahkan Sobat tuliskan namanya seperti rencana awal kenapa Sobat berkeinginan membuat blog ini. Hal ini akan berkaitan dengan informasi apa yang ingin dituliskan nanti, contoh :  jika Sobat ingin mengisi blog tersebut dengan informasi tentang tips kesehatan, maka berilah judul yang ada kaitannya dengan itu, begitu seterusnya.

  4. Setelah membuat nama untuk tempat Sobat menulis nanti, jangan lupa untuk mengisikan ALAMAT blog-nya. Alamat blog ini penting karena akan berkaitan dengan proses pencarian pengujung blog Sobat nanti dan juga tentu saja perayapan mesin pencari (search engine) macam google, yahoo, atau bing dan lain sebagainya.

  5. Sebaiknya Sobat gunakan kata kunci utama (keyword) Sobat untuk alamat blognya nanti. Terkadang memang gampang-gampang susah menemukan alamat blog yang sesuai dengan kata kunci yang kita inginkan, karena memang ada banyak sekali blogger di dunia ini. Sebagai contoh, aku sengaja memakai namaku sendiri untuk blog yang memngusung tema “Ruang berbagi dan Informasi” ini.

  6. Hal berikutnya yang harus sobat lakukan adalah memilih template yang sobat inginkan dan sesuai dengan informasi seperti apa yang akan sobat tuliskan nanti.

  7. Jika JUDUL, ALAMAT dan TEMPLATE menurut Sobat sudah oke semua, selanjutnya, silakan klik tombol BUAT BLOG.

  8. Blog Sobat sudah selesai dibuat! Gampang kan?  

  9. Setelah proses pembuatannya selesai, selanjutnya Sobat akan di bawa ke halaman baru, yaitu halaman blogger yang segera terbuka.

  10. Silahkan Sobat lihat di sudut kiri atas, ada tulisan BLOG ANDA TELAH DIBUAT! Dengan JUDUL BLOG Sobat disebelah atasnya.

  11. Hal berikunya adalah ada tulisan MULAI MENGEPOSKAN. Ini digunakan jika Sobat ingin segera mengisi blog yang baru Sobat buat tadi dengan artikel.

  12. Tombol gambar berbentuk PENSIL berwarna oranye (fungsinya sama untuk mulai mengeposkan), lalu tombol TUMPUKAN DOKUMEN (daftar entri), ini tentu masih kosong karena Sobat belum mengisi blog dengan artikel atau konten lainnya, tombol SEGITIGA KECIL (opsi lainnya) yang bisa anda klik untuk memunculkan menu drop down lainnya.

  13. Berikunya silahkan klik tombol LIHAT BLOG pada barisan paling kanan untuk melihat tampilan blog milik Sobat yang sudah jadi. Akan terbuka tab baru browser Sobat.

  14. Untuk mulai mengisi blog Sobat silakan klik menu ENTRI BARU di sebelah kanan atas halaman blog, atau dapat juga melalui dashboard blogger Sobat dan mengklik tombol bergambar PENSIL ORANYE yang udah kita bahas tadi.

Nah, itulah panduan singkat caramembuat blog di blogger, mudah bukan? Tetapi jika Sobat males untuk membuatnya sendiri, warkasa1919.com juga menyediakan jasa pembuatan blog siap pakai yang model tampilan contoh blog nya bisa Sobat lihat di sini. Setelah Sobat memiliki blog sendiri, hal berikutnya yang harus Sobat lakukan adalah mengisinya dengan artikel-aertikel bermutu, dan ini juga sebaiknya dilakukan secara konsisten agar blog milik Sobat nanti bisa terus berkembang dan memiliki banyak pengunjung seperti blog-blog lainnya yang ada saat ini.

Sumber
1

Ubah Ikuti Blog


Silahkan berlangganan untuk membaca Konten Premium, Kami mengemas berita dengan gaya bercerita

Konten Premium adalah salah satu jenis artikel pilihan yang tersedia di warkasa1919.com. Semua artikel yang dikunci dapat di akses cukup dengan menggunakan nomor ID langganan.

Artikel biasa adalah konten yang bisa diakses oleh semua pengunjung warkasa1919.com. Konten Premium adalah konten yang dapat diakses dengan sistem berlangganan pada situs dalam jaringan (online). Konten Premium disajikan dengan artikel yang lebih mendalam.

Cukup   daftar di sini lalu dapatkan kode unik setelah melakukan pembayaran.

  • Dengan berlangganan Konten Premium, Anda mendapatkan semua berita dan informasi yang tidak disajikan pada konten biasa.
  • Dengan berlangganan Konten Premium, berarti Anda turut membantu keberlangsungan blog ini.  juga mendukung keberlangsungan informasi yang akan menjadi sumber kepercayaan diri ketika membuat keputusan.
  • Untuk benefit-benefit sebesar itu, harga berlangganan Konten Premium tergolong murah dan sangat bermanfaat.

 Untuk transaksi berlangganan Konten Premium dapat memilih Metode Pembayaran

Cukup masukan kode unik, Konten Premium bisa diakses melalui berbagai perangkat digital, seperti telepon pintar (smartphone), komputer genggam tablet, laptop, atau komputer meja (desktop).

Ketentuan Umum

  1. Dengan memakai produk artikel berbayar ini berarti Anda setuju untuk terikat dan patuh pada syarat dan ketentuan yang berlaku.
  2. Syarat dan ketentuan ini dapat berubah sewaktu-waktu dan Kami tidak berkewajiban untuk memberitahukannya kepada Anda.
  3. Syarat dan ketentuan ini dibuat untuk kepentingan bersama, untuk menjaga hak dan kewajiban masing-masing pihak, dan tidak dimaksudkan untuk merugikan salah satu pihak.

Dukungan

  1. Pelayanan support hanya melalui WhatsApp 
  2. Support hanya berlaku dengan syarat dan ketentuan 
  3. Tidak ada jaminan support gratis akan selalui diberikan. Namun begitu, Anda tidak perlu khawatir. Selama Kami masih online, setiap chatt yang masuk akan selalu diusahakan untuk dibalas.

Pemesanan dan Pembatalan

  1. Semua yang sudah dipesan/beli tidak bisa dikembalikan untuk alasan apapun.

Pembayaran

  1. Mata uang yang dipakai untuk pembayaran adalah Rupiah (IDR).
  2. Pembayaran bisa melalui ATM, internet banking, mobile banking, setoran tunai, maupun transfer antarbank ke rekening bank yang telah kami informasikan kepada Anda.
  3. Pembayaran dianggap lunas jika uang telah kami terima sesuai dengan jumlah yang harus dibayarkan. Segera lakukan konfirmasi kepada kami melalui fitur Konfirmasi Pembayaran yang tersedia di Warkasa1919.com atau melalui telepon/WA/email.
  4. Bank : BNI No Rek : 0223432494 A/N : Warkasa. 
  5. Kirim bukti transfer pembayaran  dan informasi pemesanan ke WhatsApp

Artikel Konten Premium dapat di share link-nya, tetapi bagi yang belum berlangganan hanya bisa membaca sebagian kontennya.

    KONTEN PREMIUM
    Anda sedang membaca Konten Premium dengan Metode Pembayaran, silahkan BERLANGGANAN untuk lanjut membaca

    PAYMENT

Pilih Layanan Kami

Nikmati akses tanpa batas dan mari bergabung bersama Warkasa1919.com

  • Artikel Premium

  • Jasa

  • Buku

12 komentar untuk "Cara Membuat Blog Gratis Di Blogspot (Blogger)"

  1. Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat 👍👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.. Terima kasih sudah berkenan membacanya mbak Din🤝

      Hapus
  2. Terimakasih atas tutorialnya
    saya jadi tambah ilmu
    ayo kita ngeblog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berkenan membacanya Mas, yok mari kita ngeblog🤝

      Hapus
  3. Luar biasa. Mas Warkasa ahli digital. Terima kasih. Numpang menyimak ya, Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya bu Nur. Salam hangat.🤝

      Hapus
  4. Mudah2an dapat dijadikan panduan kepada sesiapa yang ingin punya blog sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkenan membacanya. Salam kenal..

      Hapus