Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

4 Cara Membagi Postingan Blogger (blogspot) Menjadi Beberapa Halaman

Cara Membagi Postingan Blogger (blogspot) Menjadi Beberapa Halaman


4 cara membuat posting blogger menjadi beberapa halamanBiasanya membaca hyperlink 'Halaman Berikutnya' ditambah nomor halaman 1, 2, 3 dan seterusnya. 

4 Cara Membagi Postingan di Blogger 

Ruang berbagi dan informasi - Terima kasih sudah berkunjung ke warkasa1919.com, masih membahas tentang weblog, blogger dan Wordpress, kali ini aku ingin berbagi tutorial yang juga kudapatkan dari blogger lain. Stelah kucoba dan berhasil, aku berinisiatif untuk membagikannya juga kepada Sobat sekalian, tetapi tentu saja kutayangkan dengan cara ditulis ulang sesuai dengan gaya bahasa yang menjadi ciri khas weblog ini. 

Setelah memastikan jumlah persentase kemiripan, baik kata dan kalimatnya nol persen, maka artikel tersebut kutayangkan ulang di tempat ini dengan menyisipkan hyperlink aktif yang mengarah ke weblog sumber bacaan. 

Kembali ke topik pembahasan, Sobat warkasa1919.com mungkin pernah melihat beberapa media besar selalu membagi beritanya menjadi beberapa halaman (muliple runners). 

Tujuannya adalah  memberi kesempatan kepada para pembaca, agar "meng- istirahatkan" mata nya sejenak dan memberinya kesempatan untuk menarik nafas sesaat sebelum melanjutkan kembali bacaannya. Biasanya artikel -artikel yang panjang itu mereka bagi menjadi beberapa halaman. 

Sobat bisa melihat contohnya seperti artikel ini, aku sengaja membagi nya menjadi beberapa halaman dengan mempergunakan hyperlink aktif yang bertuliskan "Halaman Selanjutnya" plus angka halaman 1, 2, 3  dan seterusnya.

Sebenarnya, selain alasan agar pembaca tidak merasa jenuh ketika sedang membaca artikel yang lumayan panjang, cara itu juga bisa untuk menjadi salah satu trik untuk meningkatkan page views dan durasi membuka halaman net, dan itu bagus buat hunt machine optimization. 

Beberapa artikel yang ada di blog ini, dan mungkin Sobat juga pernah membacanya, seperti link di bawah ini, artikel yang lumayan panjang sengaja kubuat menjadi beberapa halaman:

 

Https//www.Warkasa1919.Com/2022/10/cara-budidaya-ikan-lele-di-kolam.Html

Https//www.Warkasa1919.Com/2022/08/cara-membuat-akun-menghubungkan-dan.Html 


Itulah dua contoh artikel yang menggunakan mode bagi halaman. Joka Sobat berniat untuk memasang kode scrip untuk membagi halaman di weblog yang Sobat miliki, Sobat bisa membaca tutorial cara membagi postingan weblog menjadi beberapa halaman ini hingga tuntas sampai ke bagian akhir artikel ini yang aku buat bersambung antar blog, yaitu blog warkasa1919.com dan warkasa1919.my.id.

Beda blogger (blogspot), maka beda lagi dengan wordpress. Jika Sobat membuat weblog dengan mempergunakan wordpress, maka Sobat tidak perlu repot- repot menyalin kode scrib untuk membagi halaman, karena di wordpress sudah tersedia brief law dan ada plugin yang bisa Sobat pergunakan untuk membagi artikel panjang menjadi beberapa halaman. Contohnya adalah dua link aktif dibawah ini. 


Https//diwa1919.Com/kutunggu-di-gerbang-akhirat/ 


Link diatas adalah salah satu kontek yang pernah kutayangkan di diwa1919.com, dimana novel dengan 10.000 kata lebih kata bisa sekali tayang, tanpa kuatir membuat jenuh dan lelah mata pembacanya.


Https//www.Eskaber.Com/6-cara-positif-untuk-mengisi-kemerdekaan/ 


Dua link aktif diatas sengaja kujadikan contoh agar Sobat bisa melihat beberapa contoh artikel yang menggunakan mode bagi halaman di wordpess. Beberapa templat yang ada di Wordpress sendiri rata - rata sudah menyediakan fitur membagi halaman secara gratis dan otomatis, tanpa perlu penggunanya harus repot memasang kode scrib untuk membagi halaman pada postingan yang terlalu panjang. 


Lalu bagaimana caranya jika kita ingin membuat postingan di Blogger menjadi beberapa halaman? 


Walau agak sedikit merepotkan, tetapi hal itu masih bisa dilakukan. 


Sekian lama aku berkelana dari satu blog ke blog lainnya untuk mencari kode yang bisa ku pergunakan untuk membagi artikel - artikel panjang menjadi beberapa halaman, dan baru dari weblog milik blogger sungguhan baru kode tersebut berhasil kuterapkan. 

Ada banyak judul artikel di internet tentang cara membagi halaman dan lain sebagainya, tetapi setelah kuterapkan itu cuma tipu - tipu mereka untuk mencari jumlah pembaca. 

Sobat warkasa1919.com, pada artikel ini aku menampilkan  empat metode yang tiga diantaranya aku pelajari dari educational milik blogger lainnya dan satu kode hasil utak atik sendiri bisa Sobat pergunakan untuk Sobat pakai di weblog milik Sobat. Beberapa kode - kode tersebut sudah aku terapkan dan hasilnya cukup memuaskan.

Kita mulai ya, berikut ini adalah 4 cara membuat postingan blogger menjadi beberapa halaman (a couple of Pages) yang bisa Sobat terapkan. 


Cara pertama :  Membagi halaman untuk Postingan Tertentu

Kode berikut ini aku dapatkan dari salah seorang blogger yang Sobat copas di halaman baru saat akan membuat postingan, saat membuat dan menayangkan postingan tersebut Sobat harus merubahnya terlebih dahulu ke dalam mode HTML. 

Silahkan Sobat dupe scrib kode cara pertama ini. 

  1. Silahkan Klik halaman nomor 1 pada bagian fading bawah artikel ini. 
  2. Setelah berhasil memasang kodenya, sebaiknya Sobat tidak meng- klik" Pratinjau"( Preview) tetapi langsung saja Sobat publikasikan (post). 

Cara pertama itu sudah aku coba dan berhasil, selanjutnya cara kedua adalah kode scrib membagi halaman secara otomatis yang juga kudapatkan dari blogger yang sama (sumber bacaan nanti aku sisipkan link aktif di bawah artikel yang mengulas tentang kode nya). 


Cara kedua : Membagi halaman otomatis. 

Berikut ini adalah cara kedua untuk membagi artikel di weblog (blogger / blogspot) menjadi beberapa bagian / halaman. Sobat bisa terapkan kode ini di weblog milik Sobat jika berkenan. 

Silahkan ikuti urutan dan cara pemasangan kode nya seperti ini. 


  1. Pada dasbor Blogger silahkan Sobat Klik Tema> Edit HTML
  2. Selanjutnya silahkan Sobat Klik halaman nomor 2 pada bagian palinh bawah artikel ini atau klik link aktif halaman nomor dua untuk mengambil kode yang harus di copas. 
  3. Silahkan Sobat copas kode berikut ini di atas kode (halaman nomor 2).


Cara kedua ini belum dan tidak aku coba, karena pertimbangan blog ini sudah ada iklan dan lain sebagainya, sehingga aku minimalisir untuk mengutak atik tampilan templat aslinya. 

Selanjutnya cara ketiga adalah kode scrib jika Sobat hanya ingin memunculkan tombol pagination pada artikel tertentu saja. 


Cara ketiga : Membagi halaman 

Cara ketiga ini bisa Sobat coba, cara ini juga untuk membagi halaman tertentu saja. Masih sama seperti penerapan beberapa kode sebelumnya, cara penerapannya Sobat tetap harus menggunakan mode HTML (bukan Compose) jika ingin memasangnya. 

Silahkan Sobat copas kode  dan tempelkan di laman baru untuk membuat artikel. Salin kode yang ada di halaman nomor 3.

Cara ketiga ini belum dan tidak aku coba, Selanjutnya cara keempat adalah kode scrib membagi halaman untuk postingan tertentu seperti yang ada di warkasa1919.com ini. Kode ini aku utak - atik sendiri dengan mencontoh model membagi halaman seperti yang ada di weblog Wordpress dan setelah aku coba berhasil, untuk contohnya Sobat bisa melihat seperti yang terdapat di artikel yang sedang Sobat baca sekarang ini. 


Cara keempat : Membagi halaman untuk Postingan Tertentu model warkasa1919.com 

Kode berikut ini silahkan Sobat terapkan pada postingan baru yang akan Sobat buat. Cara penerapannya masih sama seperti cara - cara yang sebelumnya, yaitu merubah tampilannya ke dalam mode HTML. 

Silahkan Sobat  scrib kode berikut ini dan tempelkan ke bagian paling bawah artikel.


Ada dua contoh yang Sobat bisa memilih salah satunya untuk Sobat pakai dan terapkan pada postingan. Contoh yang pertama adalah jika Sobat ingin membagi halaman namun menautkan link nya ke blog yang berbeda (contohnya artikel ini). Silahkan Sobat salin dan tempelkan kode yang ada di haman nomor 4 dan Sobat ganti Url tujuannya dengan halaman yang ingin Sobat link kan ke postingan. Untuk contohnya Sobat bisa klik demo. 


 DEMO


Itulah 4 Cara Membagi Postingan Blogger (blogspot) Menjadi Beberapa Halaman yang bisa Sobat coba dan terapkan di blog. Terima kasih sudah membaca sampai ke bagian paling akhir cara membagi postingan blogger menjadi beberapa halaman. Salam.


 Kembali

Halaman
1234

 Admin

© Warkasa1919.com, All rights reserved.