Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 - 9 DARI 9 TIPS MEMPROMOSIKAN BUKU HASIL KARYA SENDIRI

 Warkasa1919

TIPS MEMPROMOSIKAN BUKU HASIL KARYA SENDIRI

Selamat datang di ruang berbagi dan informasi. Halo Sahabat 1919, semoga semuanya dalam keadaan sehat dan tetap semangat untuk terus menghasilkan karya inspiratif di masa – masa pandemi seperti sekarang ini, ya..

Kali ini Warkasa1919.com ingin berbagi artikel tentang cara mempromosikan buku hasil karya sendiri, ini adalah bagian 7 s.d 9 dari 9 tips mempromosikan buku hasil karya kita agar laris manis di pasaran. Untuk tips 1 s.d 6 sendiri sudah tayang di dua blog member 1919 yaitu, 1919.my.id dan rumahfiksi.com. Untuk membaca bagian 1 s.d 6 bisa Sahabat baca dengan cara klik tautan yang ada di bagian paling bawah artikel ini. 

Udah gak jamannya penerbit yang mempromosikan sendirian hasil karya penulis yang masuk kedalam percetakan mereka, jadi mau gak mau ya sebagai penulis, kita sendiri yang harus ikut turun tangan agar buku – buku karya kita itu bisa diketahui oleh pembaca dan laris manis di pasaran.

 

Tugas seorang penulis di jaman ini bertambah?

 


Sepertinya iya, sebab seorang penulis yang menerbitkan buku dan ingin hasil karya mereka itu bisa sampai ke tangan pembaca, saat ini sepertinya sudah menjadi kewajiban khusus untuk ikut aktif mempromosikan buku – buku hasil karyanya. Jadi tugas seorang penulis itu saat ini tidak hanya berhenti di penulisan naskah. Coba Sahabat 1919 bayangkan! Jika hanya mengandalkan tim pemasaran dan promosi dari penerbit, tentunya hal itu akan terasa kurang maksimal, kenapa? Setiap bulan, penerbit akan menerbitkan berapa puluh buku? Itu kalau penerbit kecil, bagaimana jika penerbit besar? Tentu bisa menncapai ratusan kali ya?

Jadi bisa Sahabat 1919 bayangkan bukan? Gimana susahnya bagian promosi yang mungkin hanya di isi oleh sedikit orang itu mempromosikan buku yang jumlahnya mencapai ratusan setiap bulannya, jadi, mari kita bantu mereka untuk mempromosikan karya – karya kita sendiri.

Lalu, bagaimana caranya untuk mempromosikan buku – buku hasil karya kita sendiri? Apakah perlu kita berkeliling ke seluruh pelosok negeri untuk mempromosikan agar masyarakat luas mengetehaui hasil karya kita dan mau membelinya? Kalau memang ada biaya dan sekalian untuk liburan sih boleh – boleh aja, lalu bagaimana jika dana kiita yang ad aitu hanya sebatas cukup untuk biaya membayar ke penerbitnya saja? Silahkan simak ulasan ini sampai tuntas ya, 1919.my.id akan membagikan tips dan trik cara mempromosikan buku hasil karya sendiri agar bisa laris manis dipasaran.

 

7. Membuat Acara Jumpa Penulis dan Bedah Buku

Sebenarnya hal ini sudah jarang dilakukan oleh beberapa penulis, tapi tidak ada salahnya hal ini Sahabat lakukan, sebab bukan berarti acara jumpa penulis dan bedah buku ini tidak efektif. Sebab setiap hal yang berbau keramaian itu sebenarnya adalah hal baik untuk melakukan promosi. Pakai prinsip orang – orang multi level marketing, dimana mereka selalu berpikir, bahwa semua orang yang berada di sekitar mereka dan mereka jumpai dimana saja itu adalah calon pembeli produk – produk mereka.

Jadi, jika Sahabat memiliki keinginan untuk membuat acara bedah buku, jangan lupa untuk mengajak penerbit  untuk membantu acara yang Sahabat lakukan dan jangan lupa untuk mempromosikan acara yang akan Sahabat lakukan itu di medsos, tujuannya tentu saja biar semakin banyak orang yang datang untuk melihat acara bedah buuku yang Sahabat lakukan.

Sahabat bisa menggandeng sekolah – sekolah atau kampus, bahkan bisa juga menggandeng beberapa komunitas yang terkait untuk membuat acara bedah buku tersebut.

 

8. Share tentang Buku hasil karya di Blog atau Platform Online

Bukan menjadi hal yang aneh dan barang baru, saat ini banyak penulis buku yang juga menjadi seorang blogger. Jadi Sahabat bisa memanfaatkan blog yang Sahabat miliki sebagai sarana yang bagus untuk mempromosikan buku – buku karya Sahabat. Mungkin Sahabat bisa menulis tentang behind the book buku terbaru, Karena memang sebenarnya “rahasia dapur penulis” itu memang selalu akan menjadi hal yang menarik untuk di simak oleh para pembaca.

Cara yang paling efektif dan bisa bikin penasaran pembaca adalah, menuliskan blurb atau kutipan bab 1 buku baru di blog yang Sahabat miliki agar pembaca penasaran dan akhirnya mereka tertarik untuk membeli buku nya untuk mengobati rasa penasaran mereka.

Jadi, jika para blogger umumnya hanya memajang iklan dari Google Adsense, maka Sahabat bisa memajang iklan buku-buku hasil karya Sahabat di blog agar bisa mendapatkan pembeli dari pembaca blog yang Sahabat miliki.

Grup FB juga bisa Sahabat pergunakan untuk menjaring pembaca dengan memajang blurb buku – buku hasil karya kita di grup FB, selain itu platform novel online seperti Wattpad dan KBM juga bisa Sahbat pergunakan untuk memajang bab yang bertujuan untuk menjaring calon pembaca.

Selain beberapa cara di atas, Wag juga bisa Sahabat pergunakan untuk mempromosikan buku – buku terbaru hasil karya Sahabat.  

 

9. Rajin Berdoa dan Perbanyaklah Sedekah

Apakah ini nyambung denga topik postingan ini? Aku  rasa sih sah – sah aja kalau aku menutup tips mempromosikan buku hasil karya sendiri ini dengan rajin berdoa dan bersedekah, kenapa? Karena pada dasarnya kita ini sebagai manusia hanya bisa berusaha dan Allah SWT jualah yang menentukan semuanya. Jadi setelah Sahabat mencoba semua tips di atas, maka hasil akhirnya adalah kita kembalikan semuanya kepada yang mengatur dan memberikan rezeki kepada kita.

Sejauh ini kita sudah melakukannya secara maksimal yaitu dengan gencar mempromosikan buku – buku hasil karya kita dan dengan rajin berdoa dan memperbanyak sedekah, semoga Allah SWT berkenan untuk membukakan pintu rezeki kita melalui perantara buku – buku yang kita pasarkan kepada pembaca. Jadi, lupa untuk terus berdoa, bersedakah dan terus mempromosikan buku – buku hasil karya kita kemana saja dan kepada siapa saja ya.

 

Nah, Sahabat sekalian, itulah  7 s.d 9 dari 9 tips mempromosikan buku hasil karya kita yang bisa Sahabat coba dan lakukan. Semoga artikel ini bisa sedikit bermanfaat buat Sahabat sekalian yang hendak menerbitkan buku – buku hasil karya Sahabat ya. Salam hangat dan salam kenal untuk Sahabat yang sudah berkenan mengunjungi blog ini dan membaca sampai tuntas hingga ke bagian akhir artikel in.

1919

 

 TIPS MEMPROMOSIKAN BUKU HASIL KARYA SENDIRI


© Warkasa1919.com, All rights reserved.