Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apakah Blogging Masih Relevan Saat Ini?


 

Apakah Blogging Masih Relevan Saat Ini?

Menjalankan blog, masihkah relevan saat ini?

Ruang berbagi dan informasi - Mungkin Sobat juga salah satu dari sekian banyak orang yang bertanya, “Apakah weblog dan blogging saat ini masih Relevan?

Sobat juga mungkin melihat kondisi saat ini, dimana blogger yang dulunya begitu aktif saat ini malah cenderung terlihat pasif. Menurutku dan juga dari beberapa artikel milik blogger lainnya yang mengulas tentang hal ini, jawabannya adalah masih.


Kenapa?


Karena menurutku, blog bisa dipakai untuk strategi on line marketing ataupun pemasaran lewat internet. Jika dahulunya blogging atau ngeblog bisa diartikan sebagai pengelola / mengelola internet site pribadi. Kini, pengertian blogging telah jauh berkembang, salah satunya adalah weblog saat ini sudah digunakan untuk melakukan marketing lewat virtual.

Salah satu contohnya adalah content advertising berupa pembuatan postingan weblog sebagaimana yang biasa dilakukan oleh para blogger pada umumnya.


Bagaimana dampaknya bagi blooger pribadi pada umumnya?


Memang akibat semakin maraknya blogging for business atau running a blog yang dilakukan oleh situs-stus besar, termasuk situs-situs berita, saat ini banyak blog - blog pribadi yang sudah bertumbangan. Aku sendiri memanfaatkan weblog selain sebagai tempat untuk menyimpan beberapa artikel milikku sendiri dan beberapa artikel saduran milik penulis lain yang aku sukai, beberapa blog yang ada saat ini juga kupakai untuk menawarkan jasa dan toko online untuk menjual buku-buku milik beberapa orang temanku.

 

Blogging Masa Lalu

Sepuluh tahun yang lalu kita melihat kemunculan running a blog yang dipergunakan sebagai taktik digital oleh beberapa perusahaan. Sebelum itu, weblog politik, perjalanan, memasak, dan teknologi bermunculan di mana- mana, menawarkan sumber nasihat dan informasi khusus yang dapat mereka tawarkan untuk menarik pembaca.

Bukan hanya Sobat saja yang aktif menjadi seorang blogger, para pemasar yang memiliki pikiran strategis juga melihat ini dan dengan cepat mereka dapat menangkap peluang itu, mereka melihat kegiatan running a blog ini bisa menghasilkan keuntungan yang bisa didapatkan oleh pihak perusahaan.

 

Hasilnya?

 

Cara ini terbukti ampuh dan sangat efektif. Untuk mendapatkan solusi, mereka membagikan pendapat para ahli serta memungkinkan perusahaan bisa lebih menunjukkan "siapa mereka" dan yang lebih utama adalah mereka bisa menjangkau semua kalangan dan yang pastinya mereka paham apa yang mereka bicarakan.

 

Internet dibanjiri dengan weblog!

 

Masyarakat luas dan blogger pada khususnya berteriak. “Bagaimana aku bisa memiliki kesempatan?” Salah satu trik cara mengatasinya hanyalah, “Sobat harus bisa menyesuaikan dan melakukan pendekatan dengan cara Sobat.”

Satu hal yang harus sobat ingat adalah, “Kualitas harus bisa diatas kuantitas!”

Kita bicara tentang running a blog yang memiliki arti cukup luas dan bisa diartiken tentang bagaimana membangun relasi atau page 1 of three hubungan. Ini bukan hanya tentang memainkan permainan panjang.Tapi ini juga tentang bagaimana cara meyakinkan orang.

Coba Sobat perhatikan ini,”Apakah Sobat akan mendekati pelanggan pada jam 08.30 pagi pada hari Senin pagi dan hanya mengatakan: “Mari beli produk saya”, dan setelah mengatakan itu lalu menghilang? Atau apakah Sobat akan muncul di meja makan mereka pada waktu yang sama, yaitu Senin pagi berikutnya pada jam 07.30 pagi dan kembali mengatakan “Silahkan beli produk saya”, lalu menghilang kembali.


Apa yang Sobat pikirkan dengan percakapan imaginer diatas? Dan percakapan antara Sobat dengan calon pelanggan itu Sobat lakukan setiap hari mulai dari hari senin sampai dengan hari Jumat.

 

Cukup mengganggu sekali bukan?

 

Tapi hal itu tidak akan terasa mengganggu jika Sobat dapat memanfaatkan teknologi yang ada dengan menawarkan sesuatu hal yang menarik perhatian mereka, tentang topik yang mereka sukai melalui handphone atau apa saja yang saat itu ada di dekat mereka.

 

Cukup menarik bukan?

 

Menawarkan topik yang bisa membantu mereka. Memberikan nasihat yang cukup berharga. Kemudian Sobat memosisikan diri Sobat sebagai seseorang yang bisa mereka percayai untuk mendengarkan keluh kesah mereka, ini adalah perumpaan blog yang Sobat pergunakan untuk menyapa mereka pada pada jam 07.30 pagi dan menemani mereka menyeduh kopi sambil mengatakan,”Apa kabar?” dan setelah semuanya baik-baik saja, Sobat bisa mengatakan,“Bagaimana pendapat anda tentang produk ini? Apakah produk ini cukup menarik bagi anda?”

Pergunakan blog untuk menyapa dan untuk membangun percakapan di hari-hari berikutnya. Tujuannya adalah agar pembaca / Konsumen sehari-harinya memiliki waktu sangat terbatas mau meluangkan waktunya sebentar saja untuk membalas sapaan Sobat yang datang mengunjungi tempat mereka.

Salah satu hal yang harus sobat pahami adalah; Weblog yang Sobat kelola harus selalu bertujuan untuk menjawab pertanyaan, seperti : "Bagaimana konsumen / pembaca mampu menemukan konten milik Sobat diantara ribuan konten lainnya yang beredar di linimasa media sosial milik mereka."


Memberikan kesempatan kepada nasabah / pembaca untuk menemukan hal-hal menari yang mungkin mereka cari dengan membuka-buka konten yang tersedia di internet adalah hal yang sangat menarik.

Ketika menulis konten, yang harus Sobat pastikan adalah; bahwa yang menjadi pembaca adalah diri sobat sendiri, tentu Sobat tidak ingin membaca esai untuk mendapatkan info yang ingin Sobat cari bukan?

Pastikan paragraf tebal dan renungan seperti prosa dijauhkan dari weblog yang Sobat miliki.

Aturan praktisnya adalah: batasi satu pemikiran per kalimat agar tetap dapat dicerna oleh pembaca.

Daftar (list) juga merupakan cara yang bagus untuk Sobat pelajari, agar konten yang Sobat buat nanti bisa lebih di mengerti oleh pembaca. 

Pastikan juga konten yang Sobat buat itu unik, ingatlah perumpaan ini, Sobat pasti akan merasa kesal sekali ketika mendengar seseorang menceritakan kembali kepada Sobat, tentang cerita yang pernah Sobat ceritakan kepada dia dan dia menceritakannya kepada Sobat kembali tapi seolah-olah dia yang mengalaminya. Jadi, jangan diulangi lagi kesalahan teman Sobat tadi kepada pelanggan / pembaca yang sedang membaca tulisan Sobat. 

 

Ada istilah 'para pemikir' dan sudah banyak beredar di mana-mana, khususnya di jagat maya. Jadi buatlah konten dengan gaya bahasa dan ciri khas Sobat sendiri, silahkan membagikan keahlian dan pengetahuan yang Sobat milik ke dunia yang haus akan informasi ini tapi tetap dengan menjadi diri sendiri.

Lalu bagaimana cara Sobat agar bisa membuatkonten yang unik? Berikut ini warkasa1919.com kutip dari dalang iklan kreatif, David Ogilvy,agar bisa memberi sedikit petunjuk kepada Sobat: “Ide besar datang dari alam bawah sadar. Ini benar dalam seni, sains, dan periklanan. Tetapi alam bawah sadar Anda harus diinformasikan dengan baik, atau ide Anda akan menjadi tidak relevan. Isi pikiran sadar Anda dengan informasi, lalu lepaskan proses berpikir rasional Anda. Anda dapat membantu proses ini dengan berjalan-jalan, atau mandi air panas, atau minum setengah liter anggur merah. Tiba-tiba, jika telepgaris asah dari ketidaksadaran Anda terbuka, sebuah ide besar muncul di dalam diri Anda.”

 

Apakah running a blog Masih Relevan Saat Ini?

Pertanyaan diatas itu sebenarnya berkaitan dengan taktik menang-menang, hal ini bisa berguna untuk membuat Sobat bisa tetap memelihara audiens yang Sobat miliki serta dapat membangun hubungan yang sangat penting itu.

Sobat harus paham bahwa kondisi saat ini adalah, “Link Seperti Tidak Ada Hari Esok.” Jika weblog lain memiliki informasi mendalam yang akan menguntungkan pembaca Sobat, menautkannya hanya akan membuat mereka melihat weblog Sobat dengan baik. Ini juga dapat membantu blog Sobat mendapatkan kredibilitas.

Dengan menautkan ke sumber, studi, dan factseksternal malah akan memberi bobot pada topik yang Sobat diskusikan.

Poin plus lainnya yang bisa Sobat dapatkan dengan menautkan artikel yang Sobat tayangkan ke blogger lain dapat membantu Sobat membangun hubungan di industri tersebut, dan bisa jadi hal ini malah akan membantu sobat kedapannya.

Jadi sebenarnya ada kekuatan lain yang cukup menarik dalam jumlah, dan dalam hal pemasaran konten, dengan  kolaborasi in uencer hal itu bisa Sobat dapatkan dan menjadikan sebagai kekuatan baru Sobat di dalam dunia digital.

Dengan mengintensifkan Fokus Masuk lebih dalam ke konten yang Sobat produksi akan membuat Sobat memiliki banyak keuntungan. Sebab tak bisa dipungkiri bahwa keinginan Sobat yang berharap mendapatkan peringkat di mesin pencari dapat segera meningkat.

Jadi ini membawa arti yang sangat berbeda untuk 'kualitas', di mana Sobat perlu memperluas topik Sobat tanpa meninggalkan kebutuhan bisnis yang terlewat. Dan di situlah letak keajaiban search engine optimization.

Kata kunci jelas penting,Aku tidak menyangkalnya. Tetapi jika Sobat fokus pada posting berkualitas yang mendalam, Sobat akan berusaha keras untuk membuat weblog Sobat sukses.

Inilah cara melakukannya: Tulis posting panjang yang memberi Sobat kesempatan untuk menjelajahi suatu topik.

Bahaslah topik dari berbagai sudut pandang Sobat.

Tulis 'Panduan Utama'. Pembaca menyukainya, tetapi mereka juga merupakan cara yang bagus untuk memaksa diri Sobat memahami element kecil.

Apakah weblog Masih Relevan saat ini? Ini adalah saat yang tepat untuk menjawabnya sesuai data. Fakta bahwa 53% pemasar memprioritaskan blogging sebagai strategi pemasaran konten utama mereka. Selanjutnya, blogging terus berkembang dengan peningkatan 12% dalam 5 tahun terakhir.

 

Apa Saja Manfaat blog di Tahun 2022 ini?

Sebagaimana definisinya, sebenarnya blog memiliki beberapa manfaat utama yaitu:

  • Mempublikasikan tulisan bisa berbentuk opini, diari, cerita, berita, analisis atau karya-karya fiksi dan non fiksi.
  • Mengekspresikan diri melalui gambar atau video 
  • Mempertemukan orang-orang dengan minat yang sama 
  • Media promosi seasoned l perorangan dan perusahaan 
  • Media komunikasi organisasi dan individu
  • Menyalurkan hobi
  • Menghasilkan uang.

 

Penutup

Jadi, jika ada pertanyaan,”Apakah blogging masih relevan saat ini?” Jawabannya adalah masih. Sebab membangun hubungan yang kuat dengan audiens target Sobat sangatlah penting dalam segi pemasaran. Dan cara terbaik untuk menghubungkan mereka adalah dengan menghubungkan mereka dengan Sobat secara pribadi.

 

 

Bahan bacaan : 1, 2,


 Admin

© Warkasa1919.com, All rights reserved.