Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bagaimana Cara Kerja NFT?

 

Bagaimana Cara Kerja NFT?

Warkasa1919.com - Kemajuan teknologi membawa masyarakat ke dalam sebuah inovasi baru untuk menghasilkan uang dengan cara digital dan tentunya mudah. Salah satunya adalah NFT yang sedang sangat booming belakangan ini karena beberapa orang, lalu bagaimana sebenarnya cara kerja NFT tersebut?

Apa Itu NFT

Sebelum melangkah lebih jauh dan memahami secara benar cara kerja NFT, Anda perlu mengetahui tentang NFT itu sendiri. NFT adalah singkatan dari Non-Fungible Token memiliki arti token yang tidak dapat Anda tukarkan. Meskipun demikian, aset digital tersebut dapat diperjual belikan.

Proses penjual beli itu dapat terlaksana dengan teknologi blockchain yang merupakan mata uang kripto. Terdapat banyak sekali jenis uang digital yang ada di dunia, semakin memberikan kemudahan bagi banyak orang untuk melakukan transaksi bukan hanya di wilayahnya, namun secara global.

Seperti yang sedang booming belakangan ini, berkaitan dengan Ghozali. Dia mampu menjual foto selfienya hingga menginjak harga 66.346 ETH. Merupakan harga fantastis yang bisa Anda dapatkan. Bukan hanya menjual gambar saja, namun berbagai hal menarik juga bisa terjual di NFT.

Fungsi NFT

Setelah memahami mengenai pengertian dari NFT tersebut, kemungkinan Anda akan berpikir. Sebenarnya apa fungsi dari adanya platform jual beli digital itu. Untuk menambah wawasan lebih luas mengenai platform itu agar nantinya tidak salah terjun tanpa mengetahui apapun. Berikut ulasannya!

1. Sebagai Industri Seni

NFT memiliki karakter dan keunikannya tersendiri. Platform ini memunculkan adanya industri seni yang berada di ranah digital. Jika Anda sangat menyukai lukisan, gambar, dan lainnya, cobalah untuk membagikannya di platform tersebut, karena terjamin keamanannya.

NFT menjamin keamanan para penggunanya jika mereka membagikan setiap karyanya untuk disebarluaskan. Menghindari adanya pencurian aset digital karena keisengan banyak orang. Fungsi ini dapat memberikan kenyamanan secara optimal dan menyeluruh kepada penggunanya di dunia.

2. Memberikan Peluang Bisnis

Seperti penjelasan sebelumnya, NFT membantu memberikan peluang bisnis yang besar. Pasalnya, penjualan barang-barang di platform tersebut tidak terbatas gambar saja. Namun, bisa bisnis yang sedang Anda jalankan agar memiliki target pasar meluas serta mampu meraup untung lebih banyak.

Perkembangan teknologi digital tentu memiliki banyak sekali peluang yang fantastis. Selain itu, jika terjadi sebuah transaksi antara penjual dan pembeli, NFT mampu meminimalisir terjadinya penipuan, pencurian data, hingga hilangnya aset si pengguna karena sudah ada di dalam sistem blockchain.

3.  Sebagai Penyalur Hobi dan Hiburan

Fungsi yang ketiga yakni sebagai tempat untuk menyalurkan hobi dan juga hiburan. Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa NFT merupakan lapak cukup ramai belakangan ini. Bahkan menjadi perbincangan hangat di seluruh dunia, bukan hanya di Indonesia karena adanya Ghozali saja.

Bahkan, kepopuleran dari NFT membuat banyak orang terus berbondong-bondong untuk memilikinya. Anda bisa menyalurkan bakat ke tempat tersebut. Misalnya, menulis, bernyanyi, dan masih banyak lainnya dengan menghasilkan uang yang cukup banyak serta target pasar sangat luas.

4.Mendapatkan Tambahan dalam Memenuhi Kebutuhan Finansial

Dengan target pasar yang meluas bahkan bisa mencakup seluruh dunia, maka tidak heran lagi jika pendapatan yang akan Anda dapatkan pun sangat fantastis. Ambil contoh dari Ghozali, dia menjadi miliuner termuda di Indonesia karena menjual foto selfienya di tempat tersebut.

Meskipun demikian, jangan sembarangan dalam mengunggah data diri di situs NFT. Karena jika terjadi kesalahan, diri tidak akan bisa menghapus file-file tersebut, sebas platform itu bersifat permanen. Maka, sebelum memposting sesuatu, harap Anda lakukan cek dan recheck terlebih dulu.

Cara Kerja NFT

Mungkin beberapa dari Anda masih bingung mengenai cara kerja dari NFT tersebut. Karena banyak sekali penjelasan tersampaikan hingga menimbulkan berbagai sudut pandang dan sulit terpahami. Berikut ini beberapa cara kerja dari platform bisnis NFT agar wawasan menjadi lebih luas!

1.  Transaksi Terjadi Seperti Biasa

Anda tidak perlu khawatir berkaitan dengan transaksi yang akan ada di platform NFT. Karena terjadi secara umum dan kemungkinan banyak orang sudah mengetahui hal ini sebelumnya. Memanfaatkan keberadaan marketplace atau online store di situs website tersebut.

NFT juga sudah menyentuh dan bergabung di pasar digital seperti CryptoPunks, OpenSea, dan Rarible. Mata uangnya pun sudah berbentuk dollar, dengan demikian nilai jual aset digital di ranah tersebut pastinya sangat bersaing dengan harga cukup fantastis sekali penjualan.

2.Penjualan Tidak Terbatas pada Beberapa Aset Saja

Mungkin beberapa dari Anda hanya tau bahwa NFT memperbolehkan kegiatan komersial yang berkaitan dengan gambar saja. Seperti yang sudah terjadi belakangan ini. Tentu tidak, NFT memudahkan para penggunanya untuk melakukan proses jual beli menggunakan aset apapun.

Bisa video, suara, karya, dan masih banyak lainnya. Semua barang tersebut tetap memiliki nilai jual yang tinggi, karena pasarnya pun cukup luas, sehingga Anda tidak perlu ragu lagi untuk menjualkan karya-karya ke situs tersebut. Selain itu, keamanannya pun sangat terjamin oleh sistem.

3. Penarikan Uang Bisa Melalui E-Wallet Apapun

Seperti yang Anda ketahui, teknologi digital memiliki banyak inovasi baru yang memberikan kemudahan secara menyeluruh kepada masyarakat. Mempermudah akses mereka ke berbagai hal, sehingga semua pekerjaan menjadi lebih gampang dan tentunya lancar ketika akan terlaksana.

Apalagi di dalam dunia digital dan bisnis digital, pastinya akan ada yang namanya transaksi. Transaksi tersebut terlaksana karena adanya kesepakatan antara kedua belah pihak. Bisa berupa uang atau apapun. Anda tidak perlu khawatir, karena penarikan uang tersebut bisa melalui e-wallet.

Kelebihan NFT

Sekarang, beralih ke kelebihan yang ada di dalam platform Neo-Fungible Token tersebut. Sudah pasti, setiap inovasi pastinya memiliki namanya kekuatan yang membuat mereka unggul. Berikut ini kelebihan pada NFT secara menyeluruh.

1. Terjadi Kelangkaan

Karena merupakan teknologi digital yang sangat jarang terpakai oleh banyak orang sebab belum adanya pengetahuan secara meluas, tentu setiap aset digital yang ada di dalamnya akan sangat langka. Tidak dimiliki oleh banyak orang dan setiap individu memiliki aset digitalnya masing-masing.

Jika terjadi kelangkaan semacam itu, tentu hal tersebut dapat memberikan pengaruh pada naiknya nilai objek digital Anda. Anda bisa meraup untung lebih banyak karena aset digital tersebut unik dan bukan sembarangan orang bisa memilikinya.

2. Terjamin Keamanannya

Seperti penjelasan sebelumnya, NFT memberikan jaminan keamanan bagi para penggunanya terkait pengunggahan karya-karya di situs tersebut, kecuali jika ada peretasan. NFT menyediakan pelayanan secara menyeluruh dan membantu pengguna melindungi aset digitalnya.

Misalnya seperti karya, gambar, dan masih banyak lainnya. NFT juga tidak bisa terhapus, hancur, atau rekayasa. Ini memberikan hak cipta kepada para pengguna mengenai pengunggahan karya di dalam situs website tersebut.

3. Unik dan Dapat Menjadi Koleksi

NFT merupakan objek digital yang unik dan bisa Anda jadikan sebagai koleksi. Karena banyak sekali karya-karya tersedia di dalamnya. Apalagi jika memang gemar sekali untuk mengoleksi barang-barang seperti karya lukis dan sebagainya.

Selain itu, Anda juga bisa mengoleksi berbagai aset digital sesuai keinginan dan keuangan. Tidak terbatas pada kuantitas tertentu. Ini juga merupakan kelebihan yang ada di dalam situs website NFT, menyediakan kenyamanan secara optimal kepada para penggunanya.

Kekurangan NFT

Tetap saja, walaupun banyak sekali fungsi dan manfaat yang bisa Anda dapatkan dari situs NFT, namun juga akan lebih besar risiko yang mungkin saja terjadi. Untuk mengetahui hal tersebut secara meluas, perlu adanya pengetahuan serta wawasan di dalamnya. Simaklah kekurangan platform itu!

1.  Memungkinkan Adanya Peretasan

Karena NFT merupakan aset digital yang bisa Anda akses dengan adanya sistem-sistem penyusun dari program tersebut, maka besar kemungkinan terjadinya sebuah peretasan. Hacking sangatlah marak terjadi, bukan hanya di kalangan para pebisnis saja, namun para pengguna teknologi digital.

Peretasan yang terjadi di situs tersebut akan membuat Anda mengalami kerugian cukup banyak. Misalnya, hilangnya aset digital serta akses pada e-wallet. Sebaik apapun password atau akses akun terbuat, tetap saja hacker pasti bisa melakukan peretasan secara mudah melalui akun tersebut.

2.Memungkinkan Adanya Pencurian Identitas

Tahukah Anda, bahwa kegunaan bisnis NFT sendiri menjadi sangat aneh belakangan ini? Padahal, situs NFT merupakan tempat untuk menyalurkan bakat, kemampuan, kreativitas, dan kegemaran. Namun, sekarang orang-orang lebih mementingkan tren daripada keamanan identitas dirinya.

Banyak sekali orang-orang yang memposting foto mereka bebarengan dengan KTPnya. Padahal, KTP merupakan identitas pribadi dan tidak boleh tersebar luas. Karena khawatir nantinya akan ada kasus pencurian yang dapat disalahgunakan fungsinya oleh orang lain.

3. Biaya Perlu Lebih Banyak

Kekurangan yang ketiga berkaitan dengan biaya yang harus Anda keluarkan. Biaya untuk bisa terus melancarkan bisnis di platform tersebut tentu lebih banyak. Dengan berbagai kelebihan di dalamnya. Misalnya, di dalam sebuah teknologi digital pasti ada paket yang diberikan kepada pengguna.

Paket tersebut berkaitan dengan lama akses dan berapa jumlah biaya harus terbayar. NFT tidak memiliki hal tersebut. Inilah yang menjadi kekurangan paling besar di dalamnya. karena Anda harus membayar biaya secara keseluruhan, bahkan ketika bisnis tidak berjalan secara baik.

4. Tidak Ramah Pengguna

Padahal, setiap teknologi digital harus memiliki fitur ini, yaitu ramah pengguna. Memberikan pelayanan secara optimal dan menyeluruh untuk meraih kepuasan dari konsumen. Karena kepuasan dari pengguna merupakan prioritas paling penting untuk mereka mengembangkan platform tersebut.

Selain itu, akan sangat susah dalam mengakses NFT, jika tidak memiliki pengalaman di bidangnya. Hal ini terjadi karena tidak adanya step-by-step guidance yang memberikan kemudahan dalam proses akses. Selain itu, Anda juga tidak bisa menghapus file-file diri di dalam platform tersebut.

5. Termasuk Pasar Spekulatif

Bukankah kehilangan akses terhadap akun e-wallet maupun aset digital merupakan hal paling berbahaya jika terjadi? NFT yakni pasar yang termasuk ke dalam pasar spekulatif. Spekulatif sendiri adalah proses penjualan yang terlaksana secara harian atau day trading.

Pasar spekulatif memberikan Anda risiko yang cukup besar. Karena keberlangsungan bisnis tidak bisa terlaksana secara panjang. Anda hanya bisa menjual barang sehari saja dalam waktu tertentu. Tindakan ini juga dapat menyebabkan adanya probabilitas kegagalan sangat besar pada finansial.

Itu tadi informasi berkaitan dengan cara kerja NFT serta penjelasan lengkap lainnya. Sebelum terjun langsung untuk menjelajahi situs tersebut, harap ketahui berbagai risiko dan wawasan lainnya. Tujuannya adalah agar terhindar dari adanya kesalahan saat menggunakan serta pencurian identitas.

 

 

Sumber:

Eri Tri Anggini, 2021. Apa Itu NFT? Bagaimana Cara Kerja NFT?. Diakses pada 17 Februari 2022 dari https://blog.amartha.com/apa-itu-nft-bagaimana-cara-kerja-nft/

Luthfia Ayu Azanella, 2022. Apa Itu NFT? Bagaimana Cara Jual Belinya?. Diakses pada 17 Februari 2022 dari https://www.kompas.com/tren/read/2022/01/14/183000365/apa-itu-nft-bagaimana-cara-jual-belinya-?page=all

M. Nurhadi, 2021. NFT: Pengertian, Fungsi, Manfaat, Kelebihan, dan Risiko. Diakses pada 17 Februari 2022 dari https://www.suara.com/bisnis/2021/12/13/093008/nft-pengertian-fungsi-manfaat-kelebihan-dan-risiko?page=3

Mau donasi lewat mana?

Paypal
Bank BNI - An.warkasa / Rek - 0223432494
Traktir creator minum kopi dengan cara memberi sedikit donasi. klik icon panah di atas