Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Beli Saham yang Mudah bagi Pemula


Tutorial Beli Saham yang Mudah bagi Pemula

Foto oleh Pixabay dari Pexels


Sudah banyak orang kini mulai mencari tau bagaimana cara beli saham karena mereka tertarik berinvestasi dalam pasar modal. Namun diantaranya pun juga belum mengerti soal jual beli karena masih menganggapnya sebagai hal baru sehingga tidak begitu menguasai ketika praktik.

Tutorial Beli Saham yang Mudah Bagi Pemula

Dengan alasan keuntungan yang begitu menggiurkan, tentu membuat banyak orang akhirnya tergoda untuk mempelajari bagaimana cara praktik di jual beli saham. Nyatanya ada beberapa hal perlu Anda lakukan agar semua terasa lebih mudah.

1. Menentukan Perusahaan Sekuritas Terlebih Dahulu

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan menentukan perusahaan sekuritas terlebih dahulu sebagai tempat bertransaksi saham. Nantinya berguna sebagai perantara untuk kegiatan jual beli tersebut sekaligus mempermudah proses pembukaan rekening.

Untuk memilih perusahaan sekuritas, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa mereka sudah terdaftar dalam BEL. Pengecekan ini bisa orang-orang lakukan di situs remi Otoritas Bursa agar lebih terpercaya.

2. Membuka Rekening Dana Nasabah

Rekening dan dana nasabah atau biasa orang kenal dengan sebutan RDN merupakan rekening oleh para investor. Tujuannya untuk melakukan transaksi jual beli khususnya di pasar modal. Langkah ini pun memerlukan beberapa tahapan.

Beberapa dokumen perlu Anda siapkan yakni kartu identitas untuk WNI, kartu izin tinggal terbatas, passport dan NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak. Tahapan berikutnya adalah memilih sekuritas tempat Anda membuat ekening tersebut.

3. Memilih Jenis Saham

Ketika Anda sudah memiliki RDN, maka tahap berikutnya adalah bisa memilih saham. Untuk mendapatkannya, maka bisa menggunakan aplikasi asli milik sekuritas. Namun sebelum memutuskannya, pastikan jika sudah membaca laporan keuangan terlebih dahulu.

Pemilihan saham untuk investasi secarajangka panjang pun juga memerlukan perhatian khsus. Anda bisa memeilinya dari perusahaan yang memiliki nilai fundamental terpercaya.  Bagi pemula dapat memilih saham jenis blue chip alias milik sekuritas bereputasi baik.

Itulah tadi ketiga tutorial yang setidaknya perlu Anda lakukan untuk menerapkan apa saja dalam jual beli saham khususnya bagi pemula. Kini sudah banyak orang mulai tertarik memulainya terutama ketika mendapatkan godaan akibat penghasilannya cukup menggiurkan.

12 komentar untuk "Tutorial Beli Saham yang Mudah bagi Pemula "

  1. Makasih tutorialnya πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas kunjungannya, mbak DinπŸ˜…

      Hapus
  2. Maunya langsung praktiknya ya, Mas. Biar lansung pandai. Terima ya, Mas Warkasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, terimakasih atas kunjungannya Bu Nur..😊

      Hapus
  3. Jadi pemain saham nih sekarang.

    BalasHapus
  4. Informasi yang menarik mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas kunjungannya Mas Radhika😊

      Hapus
  5. cukup jelas nih mas step stepnya...mudah mudahan aryikelnya bermanfaat bagi pemain saham pemula ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas kunjungannya mbak Gustyanita. Selamat malam dan salam hangat..

      Hapus
  6. Balasan
    1. Terimakasih atas kunjungannya mas Tanza..

      Hapus
 Banner ukuran 800 x 100