Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menerjemahkan dari dokumen PDF melalui Microsoft Word

Cara Menerjemahkan dari dokumen PDF melalui Microsoft Word_Warkasa1919



Dokumen berformat PDF

Warkasa1919.com – Pagi-pagi udah dapat kiriman artikel dari teman, yaitu Cara Menerjemahkan dari dokumen PDF melalui Microsoft Word yang saat ini bisa langsung diakses melalui handphone.


Setelah membaca artikel kiriman teman tadi, penulis berpikir, kenapa tidak membuat catatan singkat dalam bentuk artikel saja, lalu menayangkan nya di blog ini, jadi manatau suatu saat butuh, tinggal mencarinya di tempat ini.

Artikel-artikel jurnal memang semakin mudah untuk diakses melalui internet pada saat ini.

Dengan kecanggihan teknologi yang ada saat ini, hal ini tentu sangat berguna bagi anak sekolah ataupun para mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas-tugas Pendidikan mereka.


Kecanggihan yang ada saat ini tentu saja membuat anak-anak sekolah maupun para mahasiswa memiliki banyak referensi yang mudah didapat dan bertebaran dimana-mana.

 

Platform Penyedia Artikel Jurnal

Beberapa platform penyedia artikel kebanyakan memang membatasi dokumennya cara harus membayar untuk membuka kunci artikel yang ini dibaca. Akan tetapi, karena saat ini kebanyakan universitas sudah berlangganan dengan berbagai perusahaan penerbit jurnal, maka hal ini tentu saja cukup mempermudah para mahasiswa untuk mengaksesnya.


Selain platform berbayar, sebenarnya di internet juga ada beberapa platform yang menyediakan artikel jurnal secara gratis, seperti Research Gate. Ada juga platform indeks artikel jurnal yang bisa diunduh tanpa perlu mengeluarkan biaya, sebut saja seperti  platform Directory of OpenAccess Journals (DOAJ). 

Tetapi, dari semua itu ternyata masih ada kekurangannya, karena rata-rata platform artikel yang ada di internet berbahasa Inggris, hal ini tentu saja sedikit merepotkan, terutama bagi seseorang yang memang kurang paham dengan bahasa inggris.

Tapi tenang saja, karena kita bisamemanfaatkan penyedia penerjemahan otomatis yang ada di internet, seperti  Google Translate contohnya. Tapi jika ingin lebih praktis, maka kita bisa langsung menerjemahkannya dengan menggunakan Microsoft Word.

Seperti yang penulis kutip dari Kompas.com, kita bisa menerjemahkan satu dokumen utuh dengan Microsoft Word, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

 

Cara Menerjemahkan dokumen PDF melalui Microsoft Word

Pertama-tama yang perlu kita lakukan hanyalah dengan menyiapkan berkas PDF atikel yang ingin diterjemahkan.

Selanjutnya, silahkan Klik kanan pada berkas, lalu pilih “open with”, setelah itu klik ikon Microsoft Word.

Setelah masuk ke dalam jendela aplikasi, biasanya Word akan menyuruh Kita mengubah ekstensi berkas dari PDF ke.docx. Dan jika berkas sudah disimpan dan artikel sudah terbuka, silahkan klik tab “Review” di jendela atas kemudian silahkan klik “Translate”.

Selanjutnya word akan menyediakan pilihan, apakah Kita ingin menerjemahkan satu dokumen utuh atau hanya dokumen tertentu saja.

Pada tahapan ini word akan memberikan opsi berupa dua pilihan, yaitu memilih bahasa sumber dan bahasa sasaran dan kecanggihan aplikasi Word ini adalah bisa langsung mendeteksi otomatis bahasa sumbernya.

Setelah Kita memilih bahasa, selanjutnya silahkan, klik “Translate” dan terjemahan bahasa yang Kita inginkan pun terjadi.

 

Nah, itulah salah satu cara untuk menerjemahkan dari dokumen PDF melalui Microsoft Word. Semoga bermanfaat ya.




 

Sumber bacaan : 1,

2 komentar untuk "Cara Menerjemahkan dari dokumen PDF melalui Microsoft Word"

  1. Mantap artikelnya sangat bermanfaat 👍👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe terimakasih sudah berkenan membaca nya, mbak Din..😅

      Hapus
 Banner ukuran 800 x 100