Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Laptop yang Mendadak Mati dengan Langkah Mudah

 


Cara Mengatasi Laptop yang Mendadak Mati dengan Langkah Mudah

Foto oleh Greta Hoffman dari Pexels


Warkasa1919.com - Sesuatu hal yang bersifat mendadak, apalagi kurang mengenakkan. Pasti akan terasa sangat menjengkelkan, seperti halnya laptop yang tiba – tiba mati sendiri. Terlebih lagi jika ada hal penting di sana, oleh karena itu ketahui cara mengatasi laptop yang mendadak mati dengan langkah mudah.

 

Cara Mengatasi Laptop yang Mendadak Mati Ketika Booting

Pada umumnya, laptop yang mendadak mati itu disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu solusi yang mungkin bisa Anda terapkan, yaitu cara mengatasi laptop ketika sedang booting. Caranya juga cukup sederhana, pertama jangan panik dan sabar dalam mengatasi masalah semacam ini.

 


Pertama, Cabut Kabel Charger dari Konektor

·       Lepaskan Baterai Laptop

·       Bukalah case Cover memori RAM

·       Lepaskan juga modul Memori RAM

·       Kemudian, Bersihkan slot memori RAM

·       Gunakan saja kuas kecil

·       Bersihkan juga kedua Sisi Konektor Memori RAM

·       Jika sudah, pasang kembali memori RAM dan Cover

·       Pasang juga Baterai Laptop

·       Cobalah untuk Menyalakan Laptop lagi

 

Cara Mengatasi Laptop yang Mati Saat Dihidupkan Sebentar

Tidak hanya itu saja, masih ada jenis kendala lain yang berhubungan dengan laptop yang tiba – tiba mati sendiri. Lebih tepatnya, laptop seringkali mati ketika baru saja menghidupkannya beberapa saat. Biasanya masalah semacam ini sering sekali dialami oleh para pengguna alat elektronik laptop ini.

·      

Pasangkan Kabel Charger ke Laptop

·       Pastikan juga Baterai sudah terpasang

·       Cobalah Nyalakan Laptopnya

·       Jangan lupa pastikan Sistem sedang mengisi daya

·       Jika berhasil, baterai bisa jadi rusak. Jadi, harus ganti

·       Bila tidak berhasil, biasanya dari Software yang error

·       Pastikan aplikasinya kompatibel dengan laptop

·       Install aplikasi pendukung yang Anda butuhkan

·       Pastikan aplikasinya resmi

·       Install ulang aplikasinya ke versi terbaru bila perlu

 

Penyebab Laptop Mati Sendiri

Selain mengetahui bagaimana cara mengatasinya, Anda juga harus tahu apa saja yang menyebabkan laptop tersebut mati secara tiba – tiba. Dengan mengetahui penyebabnya, siapa tahu bisa mencari solusi terbaik dan laptop pun bisa kembali seperti semula.

 

1.     Laptop yang Overheat

Salah satu penyebab mengapa laptop sering mati sendiri secara tiba – tiba, yaitu karena overheat atau lebih tepatnya panas yang terlalu berlebihan. Itulah mengapa laptop sering mati sendiri, karena untuk mengistirahatkan dirinya sendiri.

Tidak menutup kemungkinan, bahwa perusahaan yang membuat laptop seringkali membuat sebuah mekanisme shut down secara otomatis jika laptopnya terlalu panas secara berlebihan. Jadi, kalau bisa gunakanlah coolpad.

 

2.     RAM yang Sudah Rusak

Selain laptop yang mengalami overheat, biasanya penyebab laptop mati sendiri secara tiba – tiba adalah karena RAM sudah rusak. Tidak hanya mati sendiri, akan tetapi seringkali laptop juga terjadi lemot yang sangat luar biasa. Itu tandanya RAM sudah rusak dan perlu menggantinya.

Meskipun kondisi processor atau bahkan spesifikasi lainnya tidak begitu buruk, jikalau sampai hal semacam ini terjadi. Maka mau tidak mau Anda dituntut untuk segera mengganti RAM tersebut dengan yang baru. Supaya laptop tidak mati sendiri secara tiba – tiba lagi.

 

3.     Daya yang Telah Habis

Jangan berburuk sangka dulu, bisa saja laptop yang mati sendiri secara tiba – tiba karena memang daya baterainya sudah habis tanpa Anda sadari. Apalagi jika sudah terlalu asyik bermain game atau menonton film.

Terkadang banyak pengguna yang tidak menyadari akan hal ini, itu karena mereka terlalu sibuk atau bahkan tidak sadar jika baterainya sudah mau habis. Akhirnya charge – pun tidak pengguna lakukan dan laptop pun mati sendiri secara tiba – tiba.

Itulah beberapa penjelasan secara detail dan juga informatif, mengenai informasi terkait cara mengatasi laptop yang mendadak mati. Beserta dengan penyebab kematian laptop tersebut, jadi ada baiknya Anda mengetahui penyebabnya dulu sebelum mengatasi.

3 komentar untuk "Cara Mengatasi Laptop yang Mendadak Mati dengan Langkah Mudah"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Semakin keren artikelnya 👍👍👍 maaf tadi yg ngintil emojinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe terimakasih atas kunjungannya 😅🙏

      Hapus
 Banner ukuran 800 x 100