Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SDN Sadagori 1 Kota Cirebon, melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT)


SDN Sadagori 1 Kota Cirebon, melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT)
Suasana PAT di Ruang Kelas- Foto oleh Aisyah


Penilaian Akhir Tahun (PAT)

SDN Sadagori 1 seperti sekolah lainnya di Kota Cirebon, melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) pada tanggal 06 Juni 2022 s.d 10 Juni 2022. Alhamdulillah semua peserta didik dapat mengikuti kegiatan tersebut sampai dengan selesai. 

Selama PAT berlangsung, terlihat para peserta didik berkalung kartu peserta. Biasanya kartu peserta itu dipakai ketika Ujian Sekolah, tapi tidak untuk SDN Sadagori 1. Kami membiasakan mereka memakai kartu peserta ketika  PAT. 


Bukan Kartu Peserta Biasa

SDN Sadagori 1 Kota Cirebon, melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT)
Para peserta didik berkalung kartu peserta- foto oleh  Aisyah


Banyak nilai Pendidikan Karakter yang tersembunyi di dalam sehelai kartu peserta yang tidak disadari oleh peserta didik. 

Penguatan Pendidikan Karakter atau PPK sudah lama digaungkan pemerintah, hampir semua orang tua pernah mendengar pendidikan karakter. 

Pendidikan Karakter ini memerlukan proses dan kerjasama dengan orang tua ketika peserta didik di rumah. Karena Pendidikan Karakter ini harus dibiasakan di rumah, di sekolah guru berinteraksi dengan peserta didik hanya sebentar, waktu mereka paling lama di rumah. Tanpa kerjasama dengan orang tua murid, penguatan pendidikan karakter tidak akan berjalan dengan baik. 


Pendidikan Karakter 

Dalam tulisan ini, saya hanya mengingatkan kembali apa itu Pendidikan Karakter? Karena selama Covid-19 peserta didik hampir dua tahun berada di rumah dan belajar secara on-line. 

Ada lima nilai-nilai utama PPK, yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas. 

Nilai-nilai yang terkandung pada selembar kartu adalah kami ingin peserta didik di SDN Sadagori 1, amanah (religius), bertanggungjawab (integritas),  disiplin (nasionalis). 

Kami pihak sekolah menitipkan selembar kartu peserta, disini dapat dilihat apakah selama dipegang peserta didik kartu peserta tersebut utuh atau rusak bahkan hilang. 

Kartu Peserta bisa dibilang  tugas dari guru pada peserta didik yang harus dipakai selama PAT berlangsung,  apakah mereka dapat menjalankan tugas tersebut dengan penuh tanggung jawab atau tidak. 

Tanpa disadari kartu peserta mengajarkan peserta didik agar disiplin, jika peserta didik sampai ketinggalan dan tidak memakai kartu peserta berarti peserta didik belum disiplin. 

Itulah nilai-nilai yang terkandung dalam selembar kartu peserta yang bisa jadi dianggap sepele. Terlihat biasa, tapi bisa luar biasa pada peserta didik yang dapat dirasakan pada masa yang akan datang. Harapan kami ketika mereka kelas enam dan wajib memakai kartu peserta, mereka akan terbiasa dan tidak perlu dititipkan pada guru dengan alasan takut ketinggalan di rumah. Terimakasih salam PPK.


Adsn1919

10 komentar untuk "SDN Sadagori 1 Kota Cirebon, melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT)"

  1. Terimakasih untuk artikelnya Mbak Din, semoga makin sukses ya. Salam hangat 🤝

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama semoga berkenan menerima artikel sederhana ini, semoga bermanfaat 🙏🙏

      Hapus
  2. Hasil terbaik buat para siswanya, buah bimbingan terbaik dr Buhj Kepsek, sukses terus Buhj sayang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin terimakasih Bu Nia, berkat guru2 juga yang hebat2 🤗

      Hapus
  3. Kartu peserta yang terkalung di leher membuat siswa tampak bergengsi.

    BalasHapus
  4. sukses trus SDN sadagori 1 kota cirebon

    BalasHapus
 Banner ukuran 800 x 100