Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Begini Cara Sederhana untuk Hidup Sehat

Begini Cara Sederhana untuk Hidup Sehat
Gambar pixabay


Mens Sana in Corpore Sano, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat 


Pernah dengar kalimat itu? 

Semboyan tentang kesehatan dari bahasa Latin ini saya dengar pertama kali ketika saya kelas 2 SD. Guru OR memberi tugas pada murid-muridnya untuk membuat semboyan tentang kesehatan. 


Saya yang waktu itu terbilang pas-pasan kepandaiannya hanya bisa bertanya pada orang tua, tentang semboyan kesehatan. Kalimat dwngan bahasa Latin itu yang saya dengar pertama kali dari orang tua. 


Tapi jangan bilang siapa-siapa ya, saya malah dapat nilai jelek dari guru OR, karena bukan dari hasil pikiran sendiri kata beliau. Kecewa deh,  bilangnya di depan kelas lagi,  semua mata teman-teman memandang tajam ke arah saya,  seolah saya adalah pendosa. Dalam pikiran hanya ada pertanyaan, apa salah bertanya pada orang tua,  lantas saya harus bertanya pada siapa?  


Untung saya saat kecil mempunyai rasa percaya diri yang entah datangnya dari mana,  berkecil hati ketika dipandang bagai pencuri kala itu pasti ada, tapi entah seolah waktu bisa segera menghapus rasa minder di hati. 


Jadi benar bila banyak orang berkata ingin kembali pada masa kecil, di waktu itu serasa tidak ada masalah berat dan membuat hari-hari selalu ceria. Keceriaan akan membawa pada anggota tubuh yang sehat dan jiwa menjadi kuat, persis seperti kalimat semboyan di atas. 


Dulu dan saat ini apa benar semua orang berusaha mencari dan mendapatkan kiat agar tetap sehat hingga lanjut usia? Saya menebak hanya beberapa orang saja yang memahami, padahal menjaga tubuh agar tetap sehat itu penting. Namun banyak yang abai dengan bermacam alasan,  padahal sebenarnya mudah saja. Bagaimana caranya?


1. Atur pola makan


Saat ini memang sedang viral tayangan mutbang ya dari Korea,  atau makan banyak sendirian,  nah sebaiknya pada usia tertentu tidak usah ikut-ikutan,  sayangi pencernaan yang mulai melemah. 


Segala sesuatu yang berlebihan sangat tidak baik,  maka asupan makanan harus seimbang antara karbohidrat,  vitamin,  protein dan mineral sesuai usia. 


Para remaja sebaiknya melakukan aktivitas rutin untuk kebugaran dan kelancaran peredaran darah,  jangan diikuti masa rebahan ini.  Hati-hati penyakit akan menyapa bila tidak bergerak. 


2. Atur pola pikir


Manusia normal tidak akan pernah lepas dari kata berpikir,  banyak yang dipikirkan dari bangun tidur sampai tidur pun berpikir. Ini sangat kurang baik bagi kesehatan.  Ketika tidur maka istirahatkan juga pikiran, saraf jangan diforsir, agar tidak stres. 


Segarkan selalu pikiran meskipun masalah selalu ada. Hindari situasi yang tidak baik, pikiran yang ruwet bisa memicu sakit pada tubuh. 


3. Olah raga 


Menggerakkan tubuh berarti menjaga karunia dari  Maha Pencipta. Bergerak bukan hanya sekadar berjalan,  berdiri,  duduk dalam sehari-hari.  Tetapi menggerakkan badan dengan teratur, rutin walau olah raga ringan dan dilakukan beberapa menit saja. 


Dengan olaharga peredaran darah akan lancar, tubuh menjadi segar.

Contoh berjalan cepat sekitar rumah setiap pagi sebelum berangkat kerja. Atau bersepeda keliling tempat tinggal. Senam ringan pun bisa. 


4. Minuman Herbal


Minuman herbal mungkin bisa menjaga daya tahan tubuh,  seperti jamu,  rendaman daun sirih,  minuman jahe, sere dan kunyit. Madu dan habatus saudah atau semacamnya yang bisa memperbaiki vitalitas tubuh. 


5. 3M jarus dijalani


- mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan 

- memakai masker di tempat umum

- menjaga jarak bila berada di tempat umum


6. Meningkatkan ibadah


Selalu bersyukur dan berdoa disetiap waktu,  agar selalu diberi keselamatan dan kesehatan. Melakukan kebaikan pada orang di sekitarnya, hati akan bahagia bila melihat orang yang dibantu bahagia. 


Jangan segan untuk melakukan gaya hidup yang sehat,  karena yang bemar-benar peduli pada tubuh kita adalah diri kita sendiri, terutama ketika terjadi penyebaran virus yang menyeluruh, kondisi tubuh harus benar-benar dijaga dengan baik. 


Salam Sehat



Senin,  05 Juli 2021



 Kontibutor

© Warkasa1919.com, All rights reserved.

12 komentar untuk "Begini Cara Sederhana untuk Hidup Sehat"

  1. Inspiratif.. terimakasih untuk artikel nya, mbak👍

    BalasHapus
  2. Very useful post! Thanks for sharing. I agree all points you wrote. Also biological clock is important.

    BalasHapus
  3. intinya sih makan, minum, dan berpikir sehat... seperti itu ya sob?
    jangan lupa juga 'Ikut vaksin'
    hehe... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sisanya biar Allah yang mengatur
      terimakasih

      Hapus
  4. Minum herbal kayaknya bagian dari keseharian kami sekeluarga. Terima kasih infirmasinya, ananda Swarna. Selamat sore.

    BalasHapus
  5. Mantap bagus nih , mba Azet

    BalasHapus