Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apa Itu Pendidikan Inklusif?

 

Foto oleh Pavel Danilyuk dari Pexels

Foto oleh Pavel Danilyuk dari Pexels


Apa Itu Pendidikan Inklusif?

Warkasa1919.com - Pendidikan inklusif sendiri dapat Anda artikan sebagai sistem penyelenggaraan pendidikan bagi anak-anak yang memiliki keterbatasan tertentu. Artinya pelaksanaannya akan menampung murid-murid dengan kebutuhan khusus tanpa terkecuali sehingga penting untuk negara mengadakannya. Oleh karena itu, pahami arti dan juga tujuannya.

 

Pengertian PendidikanInklusif

Definisi pendidikan inklusif pun juga dapat berarti sebagai konsep yang mampu menampung semua anak berkebutuhan khusus atau murid-murid dengan kesulitan menulis dan membaca. Tentu saja mereka membutuhkan perhatian lebih selama menjalani pendidikan agar sama seperti teman sebaya.

Tujuan dari penyelenggaraan pendidikan inklusif yakni agar para penyandang kesulitan menulis dan membaca mampu mengatasi kelemahannnya. Selain juga bisa mengontrol kekurangannya sehingga dapat bersosialisasi bersama lingkungan masyarakat di sekitarnya secara baik.

Pengertian lain juga menjelaskan bahwa pendidikan inklusif ini merupakan penempatan anak-anak berkelainan ringan, sedang dan juga berat secara penuh yang ada di kelas regular. Hal ini menunjukkkan bahwa penyelenggaraan tersebut harus relevan dan terbuka bagi semua murid. 

 

Tujuan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi Khususnya untuk Peserta Didik

Secara umum, pendidikan inklusi memiliki tujuan utama yang berpatokan dengan UU No. 20 Tahun 2003 yang membahas mengenai Sisdiknas. Di dalamnya menjelaskan bahwa pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana guna mewujudkan suasana serta proses pembelajaran agar potensial.

Tujuan utama dari pendidikan inklusi yakni memenuhi hak asasi manusia atas kebutuhan pendidikan. Khususnya bagi anak-anak berkebutuhan khusus agar memiliki tingkat hak serupa. Dengan harapan mereka pun tidak ada kesenjangan selama hidup bersandingan seperti kebiasaan yang ada saat ini.

Peserta didik dan guru pun memiliki tujuan sendiri dalam menyelenggarakan pelaksanaan pendidikan inklusi tersebut. Makna utamanya yakni mencapai berkembangnya kepercayaan diri anak, mampu belajar mandiri dengan menerapkan metode pembelajaran di sekolah serta berinteraksi secara aktif.

Istilah pendidikan inklusi memang belum banyak orang kenal. Nyatanya penyelenggaraan ini sudah banyak ada di masyarakat sekitar. Pengadaan kegiatan ini penting bagi anak berkebutuhan khusus lantaran mereka juga memiliki hak yangs serupa dengan anak lainnya untuk memperoleh hak tersebut.

 Kontibutor

© Warkasa1919.com, All rights reserved.

Mau donasi lewat mana?

Paypal
Bank BNI - An.warkasa / Rek - 0223432494
Traktir creator minum kopi dengan cara memberi sedikit donasi. klik icon panah di atas

14 komentar untuk "Apa Itu Pendidikan Inklusif? "

  1. Terimakasih untuk artikelmya mbak, bermanfaat 👍

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Terimakasih atas kunjungannya, Om Bud.. selamat siang dan salam hangat..

      Hapus
    2. Terimakasih om Budi sudah mampir 😁

      Hapus
  3. Wah, nambah ilmu lagi ni mengenai pendidikan. Jadi begitu ya Gan mengenai pendidikan Inklusi??

    Apa Disleksia juga termasuk berkebutuha Khusus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas kunjungannya Mas Teddy, selamat datang di warkasa1919.com

      Hapus
    2. Iya mas Teddy.
      Terimakasih sudah mampir

      Hapus
  4. Baru tahu artinya pendidikan inklusif. Selamat malam, ananda Dinni.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam Nek, senangnya nenek membaca artikel ini 🤗🤗

      Hapus
  5. patut disupport pendidikan inklusif supaya setiap anak bisa mendapatkan haknya akan pendidikan yang layak untuk bekal masa depannya kelak..

    BalasHapus