Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Air Terjun 86, Salah Satu Potensi Wisata di Dalam Taman Nasional Bukit Tiga Puluh yang Hampir Dilupakan

 

Air Terjun 86, Indragiri Hilir, Riau
Air Terjun 86, Indragiri Hilir, Riau_Foto oleh Warkasa1919

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT yang Hampir Dilupakan

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBTmenyimpan potensi wisata yang bisa dipetik manfaatnya oleh pengunjung, termasuk untuk tujuan wisata.

Berada di kabupaten Indragiri hilir dan berbatasan dengan provinsi Jambi, kawasan TNBT sangat didambakan oleh pengunjung karena potensi tersebut.

Beberapa potensi yang ada ditempat ini salah satunya adalah sebagai tujuan wisata, terutama keindahan air terjun 86 yang berada di kawasan TNBT, tepatnya di Dusun Simpang Pendowo, Desa Selensen/Desa Keritang Hulu, Kecamatan Kemuning Indragiri Hilir, Riau.

 

Sejarah Air Terjun 86

Air Terjun ini merupakan hulu dari Sungai Nderlang. Debit airnya akan tetap stabil walaupun sedang musim kemarau, jadi Sobat yang ingin berkunjung ke Air Terjun 86 ini tidak perlu khawatir mengenai cuaca.

Pada tahun 90an, tempat wisata ini pernah di kelola oleh perusahaan yang berada di sekitar lokasi jalur 86, kemudian, masih di tahun 90an jua tempat wisata ini di ambil alih oleh warga sekitar, namun berdasarkan pengamatan warkasa1919.com pengelolaan di tempat ini sudah kurang terurus lagi.

Menurut informasi masyarakat sekitar, kenapa dinamakan dengan nama Air Terjun 86 adalah karena lokasinya terletak di kilometer 86 jalan raya Lintas Timur Sumatra.

Untuk mencapai air terjun 86 ini Sobat harus menempuh jarak kurang lebih 20 kilometer dari Desa Selensen dengan menempuh kondisi jalan berupa jalan tanah yang hanya dapat dilalui dengan sepeda motor atau kendaraan roda empat sejenis jeep.

Air Terjun 86 ini berada di dalam Taman Nasional Bukit Tigapuluh, mempunyai ketinggian sekitar 30.86 meter serta memiliki kemiringan sudut hampir 90 derajat dengan debit air yang lumayan besar.

Untuk sampai ke lokasi air terjun ini Sobat mesti menuruni beberapa anak tangga yang lumayan curam. Dengan jarak sekitar 10 meter, Sobat sudah dapat merasakan hempasan Air Terjun ini.

Air Terjun 86 memiliki air yang berwarna sedikit kehitaman dengan dinding bebatuan yang terbentuk secara alami. Di sekitar air terjun ini juga masih banyak terdapat pepohonan yang rindang, sehingga menciptakan suasana asri berpadu eksotik.


 

Beberapa foto di Air Terjun 86.













Dikutip dari www.inhilnanmolek.com, jika beruntung, maka Sobat dapat bertemu dengan burung Kuau (Argusianus argus) yang langka. 

Jarak tempuh ke tempat Wisata Air Terjun 86

  • Pekanbaru – Tembilahan (Jalan darat, 6-7 jam) 
  •  Jambi – Tembilahan (Jalan darat, 5-6 jam)
  • Batam – Tembilahan (Jalan laut, 4-5 jam)
  • Tembilahan – Kemuning (Jalan darat, ±3 jam)
  • Jambi – Kemuning (Jalan darat, ±4 jam)

 

Peta Lokasi Air Terjun 86

 Admin

© Warkasa1919.com, All rights reserved.

10 komentar untuk "Air Terjun 86, Salah Satu Potensi Wisata di Dalam Taman Nasional Bukit Tiga Puluh yang Hampir Dilupakan"

  1. Artikel yang bermanfaat dan foto-foto lokasi yang bagus sehingga pembaca dapat melihat air terjunnya lewat foto-foto 👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe terimakasih sudah berkenan membacanya, mbak Din..

      Hapus
  2. Balasan
    1. Terimakasih sudah berkenan membacanya Om Bud..

      Hapus
  3. Bermanfaat dan Informatif.
    Saya pun jadi 86 (pinjam istilah komunikasi di salah satu institusi).

    Terima kasih.
    Hormat saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas kunjungannya pak Pudji..

      Salam hormat

      Hapus
  4. Wah air terjunnya jeren banget mas.. padahal kalo dikembangkan oleh pihak setempat bakal potensi jadi tempat wisata yg instagramable

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, memang saat ini terlihat masih belum terkelola dengan baik. Terimakasih atas kunjungannya mas Radhika..

      Hapus
  5. Cantiiiiknya .. asri sekali suasana air terjunnya. Tadinya saya kira 86 itu tinggi air terjunnya. Ternyata karena letaknya yang dikilometer 86.
    Bener bener bisa bikin rileks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.. Iya, Terima kasih atas kunjungannya. Salam🤝

      Hapus